Catat! 5 Amalan Ini Perlu Dilakukan Sebelum Puasa Ramadhan

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Bulan Ramadhan akan segera tiba, dan sebelum memasuki masa berpuasa, umat Islam diberi kesempatan untuk melakukan amal-amal baik yang berpotensi mendatangkan pahala besar.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sebagai persiapan menghadapi bulan suci ini, umat Islam juga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Tujuannya adalah agar ibadah puasa yang dilaksanakan selama satu bulan penuh dapat diterima dan memberikan berkah serta pahala yang melimpah dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa amalan yang disarankan untuk dilakukan sebelum memasuki bulan puasa Ramadan:

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.

Photo :
  • Freepik/jcomp

1. Ibadah Sunnah

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan. Bahkan di masa lalu, Rasulullah juga kerap melakukan berbagai amalan ibadah sunah yang bernilai kebajikan sebelum Ramadan tiba.

Bahkan Rasulullah juga banyak menjalankan puasa di bulan Sya'ban, sebelum puasa. Karena itulah, umat Islam dianjurkan banyak beribadah sebelum puasa Ramadan tiba.

2. Niat

Dalam berpuasa, niat adalah hal yang penting. Mempersiapkan niat jauh sebelum Ramadan juga penting dilakukan. Utamanya agar ibadah semakin afdol karena niat yang dijalankan bersamaan dengan pertobatan dari dosa di masa lalu.

3. Saling Bermaafan

Sebelum berpuasa, meminta maaf pada keluarga, teman atau kerabat penting dilakukan. Hal ini agar puasa yang dijalankan lebih nikmat karena terbebas dari dosa dengan sesama manusia.

4. Berziarah

Ilustrasi wanita berdoa.

Photo :

Berziarah atau berkunjung ke makam kerabat, orang tua, atau keluarga dekat sebelum puasa sangat dianjurkan. Saat berziarah, doakan orang yang sudah pergi lebih dulu, sekaligus meminta ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa di masa lalu.

5. Membayar Utang Puasa

Jika memiliki utang puasa Ramadan di tahun sebelumnya, segera bayar sebelum puasa Ramadan selanjutnya tiba. Membayar utang puasa bisa dilakukan dengan berpuasa sesuai jumlah utang atau membayar dengan fidyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya