Catat! Ini Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Suci Ramadhan

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta – Salah satu kebiasaan yang dijalankan umat Islam di Indonesia menjelang bulan Ramadhan adalah melakukan ziarah ke makam. Berikut ini adalah beberapa doa ziarah kubur yang dapat dibaca menjelang Ramadhan.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Ziarah ke makam dilakukan untuk mengunjungi tempat peristirahatan terakhir orang-orang yang telah meninggal dunia, serta mendoakan mereka yang telah berpulang.

Selain itu, ziarah ke makam juga bertujuan agar kita yang masih hidup dapat merenungkan makna kematian dan selalu mengingat akan keberadaan akhirat.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Ilustrasi kuburan.

Photo :
  • wikimedia.org

Berdasarkan informasi dari NU Online, ziarah ke makam menjelang Ramadan diperbolehkan dengan syarat bahwa niatnya adalah untuk mengingatkan kita akan hakikat kematian.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Syekh Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa berziarah kubur yang disunahkan adalah ziarah kubur ke makam orang tua.

Anjuran ziarah kubur sendiri dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis:

"Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian," (HR. Muslim).

Jika Anda ingin melakukan ziarah kubur jelang bulan Ramadhan, penting untuk mengetahui doa yang akan dibaca. Ziarah kubur biasanya diawali dengan mengucapkan salam sebagai berikut :

Assalamu'alaikum dara qaumin mu'minin wa atakum ma tu adun ghadan mu ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun

Artinya:

"Assalamu'alaikum. Hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian."

Berikut doa yang bisa dipanjatkan ketika ziarah kubur jelang Bulan Ramadan :

Allahummagfirlahu war hamhu wa 'aafihii wa'fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi madholahu, waghsilhu bii maa'i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.

Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aldzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.

Artinya:

"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR Muslim)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya