Indonesia Ikut Program Pelatihan Siber Bareng 50 Negara di Thailand

Global Cybersecurity Camp (GCC) di Bangkok, Thailand (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Bangkok – Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih menjadi salah satu negara anggota yang dapat berpartisipasi dalam ajang internasional tahunan bergengsi di bidang keamanan siber (cyber security), Global Cybersecurity Camp (GCC) 2024, yang tahun ini diselenggarakan oleh negara Thailand.

Cyber Crime Can Threaten Southeast Asia as Digital Technology Advances

Melalui InfraDigital Foundation sebagai komite utama dari Indonesia, tiga delegasi RI yakni Kevin Yehezkiel Gurning, Ryan Fadhillah, dan Prasnavira Satria, mengikuti rangkaian kegiatan GCC pada 19-24 Februari 2024 di Bangkok.

“Kami sangat bangga bisa menjadi perwakilan Indonesia untuk pertama kalinya di acara Global Cybersecurity Camp tahun ini. GCC merupakan wadah untuk mempertemukan peserta yang sudah kami latih di bidang cyber security dengan para profesional dari 10 negara anggota," kata Muhammad Rofi, Chairman InfraDigital Foundation.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Kevin Yehezkiel Gurning, Ryan Fadhillah, dan Prasnavira Satria merupakan ahli yang telah mendapatkan sertifikasi di bidang cyber security.

“Saya bertemu banyak teman dari berbagai negara, sehingga dapat bertukar pikiran dan mendapat perspektif baru tentang praktik cyber security dari negara asal mereka masing-masing. Di samping itu, saya juga mendapat pengetahuan baru dari para trainer yang berpengalaman yang dapat diimplementasikan saat kembali ke Jakarta. Saya rasa ini menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya,” ungkap Prasnavira Satria.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Selain itu, Kevin Yehezkiel Gurning dan Ryan Fadhillah adalah peserta program pelatihan Ready4Security-Indonesia dari Microsoft Philanthropy.

“Pelatihan dan bimbingan yang saya dapatkan selama GCC 2024 sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan ilmu saya. Ini menjadi pengalaman yang membanggakan bagi saya karena menjadi bagian dari kontributor serta delegasi Indonesia untuk pertama kalinya di GCC 2024," ujar Kevin Yehezkiel Gurning.

Sementara itu, Ryan Fadhillah juga mengungkapkan hal serupa mengenai kebanggaannya sebagai salah satu delegasi yang mewakili Indonesia di ajang internasional GCC tahun ini.

“Saya sangat beruntung dapat mengikuti program Global Cybersecurity Camp 2024 di Thailand yang diikuti oleh berbagai negara, khususnya di kawasan Asia. Pengalaman ini benar-benar memperluas pemahaman saya tentang tantangan dan solusi terkini dalam keamanan siber dari para expert langsung di industri."

Sebagai informasi, GCC diselenggarakan pertama kali pada tahun 2018 di Seoul, Korea Selatan.

Ajang ini merupakan program pelatihan keamanan siber berskala internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan talenta digital muda di bidang cybersecurity.

Selama satu minggu, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan secara intensif untuk bertukar pengalaman, membangun jejaring, dan berlatih memecahkan masalah terkait keamanan siber dengan bimbingan dari sejumlah pakar dan praktisi keamanan siber terbaik.

Peserta yang dapat mengikuti program ini pun telah memiliki sertifikasi dan melalui tahap seleksi dari komite yang ada di masing-masing negara.

Selain Indonesia, GCC diikuti oleh sekitar 50 peserta dari 9 negara anggota lainnya yaitu Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Australia, dan India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya