Geger Prediksi Kiamat Sebelum 1500 H, Ini Ungkapan Buya Yahya

Ilustrasi kiamat.
Sumber :
  • Crosswalk

Jakarta – Kiamat merupakan kejadian yang menandai akhir kehidupan manusia di dunia, di mana seluruh alam semesta beserta isinya dihancurkan.

Kapan Bumi Kiamat?

Gambaran tentang hari kiamat telah diuraikan dalam Al-Qur'an dan hadis nabi, namun waktu pastinya tetap menjadi rahasia yang tidak diungkapkan secara detail oleh Allah SWT.

Prediksi tersebut muncul dari kalangan ulama, yakni Jalaludin As-Suyuthi atau Imam Suyuthi (wafat 911 H). Imam Suyuthi menulis prediksi tersebut dalam satu kumpulan riwayat yang berjudul “Al-Kasyaf". (Lawami’ Al-Anwar Al-Bahiyah, 2/66. Dinukil dari Al-Qiyamah Al-Kubro, Dr. Umar Al-Asyqar, hlm. 122).

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Ilustrasi kiamat.

Photo :
  • Institut Astronomi Universitas Hawaii

Meskipun begitu, banyak orang yang berusaha meramalkan kapan kiamat akan terjadi. Salah satu prediksi menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi sebelum tahun 1500 H atau awal abad ke-15.

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

Prediksi ini berasal dari seorang ulama bernama Jalaludin As-Suyuthi, juga dikenal sebagai Imam Suyuthi (wafat 911 H), yang mencatatnya dalam karyanya yang berjudul "Al-Kasyaf".

Namun, prediksi tersebut dibantah oleh banyak ulama. KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya menegaskan bahwa yang mengetahui waktu datangnya kiamat hanyalah Allah SWT. Tidak ada satu makhluk Allah pun yang tahu datangnya kiamat, termasuk Nabi Muhammad SAW.

“Tidak boleh ada yang sok tahu (soal waktu kiamat). Memang itu pernah dinukil dari Imam Suyuthi rahimahullahu ta'ala, akan tetapi ditolak oleh yang lainnya,” kata Buya Yahya dikutip dari tayangan YouTube Al Bahjah TV.

Buya Yahya menuturkan, hari kiamat masih menjadi rahasia Allah SWT. Nabi Muhammad SAW sebagai kekasih Allah tidak pernah dikasih tahu perihal waktu persisnya kiamat.

Buya Yahya

Photo :
  • Tangkapan layar

Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang waktu kiamat oleh seorang laki-laki yang berbaju putih dan berambut bersih. Pertanyaan ini muncul setelah pertanyaan lainnya tentang apa itu Islam, Iman, dan Ihsan.

“Waktu nabi ditanya kapan kiamat tiba, nabi menjawab, ‘Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang ditanya’. Nabi tidak tahu dan yang bertanya tidak tahu,” terang Buya Yahya.

Penanya tersebut meminta Rasulullah SAW menyebutkan tanda-tanda kiamat. Lalu disebutkanlah tanda-tanda hari akhir itu seperti munculnya Dajjal, matahari terbit dari sebelah barat, dan lainnya.

Perlu diketahui, Dewan Pembina Konsultasisyariah, Ustaz Ammi Nur Baits menyebut prediksi waktu kiamat Imam Suyuthi tanpa dasar yang jelas dan murni ijtihad. Prediksi tersebut bertentangan dengan prinsip yang diajarkan dalam syariat, maka selayaknya tidak menjadi acuan.

Ketimbang menggali waktu kiamat yang tak ada urgensinya, Ustaz Ammi mengajak umat Islam mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak. Hal ini sebagaimana keterangan dalam hadis.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu menceritakan bahwa ada orang Arab badui yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kapan kiamat.  Di situ, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam justru balik bertany:

“Celaka kamu, apa yang kamu persiapkan untuk kiamat?" (HR. Bukhari, Muslim, At-Turmudzi, dan yang lainnya).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya