5 Dosa yang Dapat Menghapus Pahala Puasa Ramadhan

Umat Muslim membaca Al Quran saat hari pertama puasa Ramadhan di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Setiap muslim wajib melakukan puasa pada bulan Ramadhan karena merupakan salah satu syarat untuk menyempurnakan agama mereka. Selama berpuasa, seseorang harus menahan diri dari semua makanan, minuman, dan keinginan seksual. Meskipun terlihat sederhana, banyak orang yang tanpa disadari tidak menjalankan puasa secara penuh.

Bolehkah Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang Puasa Ramadhan? Ini Menurut Buya Yahya

Sangat penting untuk mengetahui apa saja yang dapat merusak nilai pahala puasa Ramadhan bahkan sebelum memulainya. Ini jelas merupakan prinsip dasar untuk mencapai tujuan dengan sempurna.  

Umat Muslim membaca Al Quran saat hari pertama puasa Ramadhan di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Istri Rayakan Lebaran di Samping Makam Babe Cabita: Berat Banget Rasanya

Menurut Anas RA, sahabat Nabi, ada lima dosa yang Rasulullah SAW katakan dapat menghapus pahala puasa. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati agar apa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan tidak menggugurkan pahala puasa kita. 

Berikut hal-hal yang mengandung dosa sehingga dapat membatalkan puasa, dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional : 

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

1. Bohong

Salah satu hal yang tidak disukai Allah adalah berbohong. Meskipun itu tidak membatalkan puasa, tindakan ini memberikan ganjaran khusus.

Namun, berbohong ada berbagai macam, mulai dari yang dilakukan untuk menghindari bahaya, menjunjung kesopanan, hingga yang dilakukan secara sengaja untuk merugikan orang lain. Dengan tujuan terakhir, berbohong mengakibatkan dosa dan menghilangkan pahala puasa. 

Ghibah atau berbicara tentang keburukan orang lain juga dapat menghilangkan pahala puasa. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, ghibah dianggap sebagai hal yang tercela bahkan jika tidak berpuasa. Memakan daging mayat saudara sendiri dianalogikan dengan bergunjing.

3. Adu Domba Orang Lain

Ada kemungkinan ketiga bahwa pahala berpuasa akan dihapus jika seseorang mengadu domba orang yang sebelumnya rukun. Tindakan ini biasanya berasal dari gunjingan atau fitnah. Hal ini melanggar hukum Islam dengan alasan apa pun. Karena itu, mereka yang terlibat pasti akan mengalami kerugian moral dan materi.

4. Berjanji palsu

Sumpah palsu juga dapat menghapus pahala puasa. Dengan kata lain, ketika kesaksian seseorang dengan sengaja menguntungkan satu pihak sambil merugikan pihak lain, Hal-hal seperti ini dapat menyimpang dari kebenaran dan dilaknat oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Melihat lawan jenis dengan syahwat atau hawa nafsu juga dapat menghapus pahala puasa. Oleh karena itu, jagalah pandangan anda dan hindari melihat lawan jenis dengan penuh nafsu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya