Inovasi untuk Membantu UMKM di Indonesia

Ilustrasi printer
Sumber :

Jakarta – Pencetak laser atau laser printer, adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil tinta bubuk dari kartrid ke kertas. Alat ini terbilang lebih ekonomis dibanding menggunakan tinta inkjet printer.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Printer laser dapat digunakan di kantor usaha kecil ataupun besar untuk memberikan kemudahan dan efektivitas.

Printer laser dapat menangani pencetakan hitam putih dan berwarna, meskipun printer laser warna lebih mahal dibandingkan printer laser monokrom.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Biasanya, printer laser digunakan untuk pencetakan sedangkan printer all-in-one yang lebih baru dapat berfungsi sebagai printer, mesin fotokopi, pemindai, dan faks.

Seperti salah satu perusahaan IT asal Jepang, Brother, yang baru meluncurkan produk printer yang cukup efisien dan menggunakan toner (tinta) original termurah dan terhemat di Indonesia.

Apple Bagi-bagi Undangan

Perusahaan itu meluncurkan tiga jenis printer laser hitam putih terbaru dengan seri HL-B2180DW, yang mempunyai fungsi tunggal untuk mencetak, DCP-B7640DW yang mempunyai fungsi print, scan, dan copy, serta MFC-B7810DW sebagai seri tertinggi dari rangkaian produk terbaru brother yang dilengkapi dengan tambahan fungsi Fax.

Susanto Liu Product Manager PT Brother Internasional Sales Indonesia (Doc: Natania Longdong)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Menurut Susanto Liu, Product Manager PT Brother International Sales Indonesia mengatakan bahwa printer asal Negeri Sakura itu menggunakan teknologi yang lebih maju.

Jika sebelumnya printer hanya bisa dihubungkan dengan komputer, printer varian terbaru Brother ini dapat dihubungkan dengan smartphone ataupun tablet.

"Biasanya kalau printer hanya bisa terhubung dengan komputer. Tapi, printer kita ini bisa terhubung melalui tablet ataupun smartphone. Lebih canggih ya," ujarnya dalam konferensi pers, di Jakarta, pada Rabu, 6 Maret 2024.

Selain itu, penggunaan toner juga sangat penting dari printer laser. Jika menggunakan toner yang non-original, maka hal itu dapat merusak masa pakai printer. Itu sebabnya, Brother menawarkan toner yang lebih ramah di kantong dan merawat masa pakai printer.

"Toner (tinta) yang tidak asli sering kali tidak memenuhi standar yang mengakibatkan biaya operasional tinggi, masa penggunaan mesin yang lebih singkat, dan kualitas cetak yang kurang baik. Kerusakan yang ditimbulkan oleh penggunaan toner non-original juga dapat menghilangkan garansi," ucapnya.

Saat ditanya mengenai maksud dari peluncuran tersebut, Susanto menyebut bahwa pihaknya berharap inovasi kali ini dapat membantu UMKM di Indonesia, terutama mereka yang memiliki usaha atau perkantoran kecil di dalam rumah.

"Beberapa pelaku UMKM biasanya melakukan injek printer karena lebih murah. Tapi, dengan printer ini, kita menawarkan solusi yang lebih mumpuni bagi pelaku UMKM yang memiliki perusahaan kecil. Printer ini lebih cepat, dalam 1 menit saja, printer ini mampu menghasilkan 34 sampai 36 lembar prinan," tuturnya.

"UMKM cukup meningkat (di Indonesia), sehingga mereka memerlukan printer yang kecepatannya mumpuni."

Sebagai informasi, printer laser Brother memberikan solusi bagi pengguna yang menginginkan printer dengan kecepatan cetak maksimal, dengan kualitas terbaik dan tentunya menggunakan toner printer original dengan harga yang ekonomis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya