5 Amalan Ringan Namun Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi Sholat
Sumber :
  • Sholat Tahajud

VIVA – Jika kita memiliki sedikit amalan yang dapat mempengaruhi nilai kebaikan kita di akhirat, itulah yang paling kita harapkan dalam urusan akhirat. Dalam bentuk kasih sayang Allah, Rasulullah mengajarkan banyak amal saleh yang ringan tetapi berpahala besar.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Amalan ringan ternyata memiliki pahala yang sangat besar. Amalan-amalan ini mungkin terlupakan oleh sebagian orang. Namun, siapa tahu jika melakukannya dengan ikhlas dan konsisten akan menghasilkan pahala yang sangat besar. 

Ilustrasi seorang memohon untuk memilih jalan akhir yang baik

Photo :
  • vstory
Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Amalan berikut ini yang terlihat ringan namun menghasilkan pahala yang besar, dilansir dari Al Azhar Peduli pada Jumat, 8 Maret 2024  : 

1. Berdzikir

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Hal ini sesuai dengan hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dari Abu Hurairah, dari Nabi, bahwa berdzikir adalah salah satu amalan ringan yang memiliki nilai besar, beliau bersabda: 

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (H.R. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

2. Membaca Doa Setiap Memulai Kegiatan

Kadang-kadang, orang lupa membaca basmallah saat memulai suatu pekerjaan. Namun, seseorang tidak menyadari bahwa hal ini memiliki nilai ibadah yang luar biasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa'i)

3. Mengajak dan Mendoakan Orang Lain untuk Berbuat Kebaikan

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (H.R.Muslim)

4. Membaca Ayat Kursi setelah Salat

Abu Umamah al Bahily a berkata, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, niscaya tidak ada yang menahannya masuk Syurga melainkan kematian” (H.R. an Nasâi dan dishahihkan oleh al Albani di dalam kitab Shahih al Jami’, no. 6464)

Ilustrasi sholat Jumat

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

5. Membaca Kitab Suci Al-Quran

Dari Abdullah bin Mas’ud a, Nabi bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali,” (H.R. at Tirmidzi, ath Thabrani dan dinilai shahih oleh al Albani).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya