Membangun Pendidikan Digital Workshop Literasi Sukses di Maluku-Papua

Peserta Webinar Makin Cakap Digital 2024
Sumber :
  • ist

VIVA Edukasi – Pada tahun ketiga pelaksanaan Workshop Daring Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Papua Barat mencapai prestasi gemilang dengan menempati peringkat keempat dalam indeks literasi digital. Peringkat ini menempatkan Papua Barat setelah Yogyakarta, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, dengan indeks mencapai 3,62 berdasarkan survei dari literasidigital.id.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Keberhasilan ini memberikan bukti, program "Makin Cakap Digital" memberikan dampak positif terhadap adaptasi masyarakat Indonesia terhadap literasi digital. Scroll lebih lanjut  ya.

Memasuki tahun keempat, Webinar "Makin Cakap Digital 2024" Kemenkominfo kembali menggelar pelatihan Literasi Digital khusus untuk sektor pendidikan di wilayah Maluku-Papua. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan literasi digital anak-anak dan remaja di wilayah timur Indonesia terhadap media digital dan media sosial yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Episode 3 dari Makin Cakap Digital 2024 fokus pada Segmen Pendidikan Maluku-Papua, khususnya di Kabupaten Kaimana dengan tema "Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini." Workshop daring ini merespons fenomena masyarakat Indonesia yang semakin banyak memanfaatkan media sosial untuk mencari dan menyebarkan informasi secara terbuka. Dalam era digital, hal ini memberikan peluang positif untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda, sehingga mereka dapat memiliki portofolio yang mendukung masa depan bahkan dapat menghasilkan pendapatan.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Webinar daring ini tidak hanya memberikan manfaat yang besar, tetapi juga sepenuhnya gratis sebagai wujud dedikasi Kemenkominfo kepada masyarakat Indonesia. Peserta webinar, yang disebut Digifriends, hanya perlu melakukan registrasi melalui link yang disediakan. Setelah registrasi, Digifriends akan mendapatkan link zoom dan password melalui email untuk mengikuti webinar pada hari Jumat, 8 Maret 2024.

Direktur Jenderal Aptika, Samuel Abrijani Pangerapan, membuka webinar ini dengan menyampaikan tujuan dari Workshop Daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 3.

"Memasuki tahun keempat. Workshop daring Makin Cakap Digital 2024 memberikan pelatihan empat pilar kompetensi literasi digital dan telah mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Keempat pilar tersebut menjadi kurikulum literasi media digital yang dapat dijadikan bekal bagi masyarakat khususnya warga Indonesia Timur area Maluku dan Papua yang sudah lama memasuki era digital," ujar Samuel.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Kurikulum dan Sistem Penilaian Bidang Pendidikan Dasar, Novalin Sienly Manusiwa, S.Pd. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenkominfo atas penyelenggaraan Workshop Literasi Digital untuk Kabupaten Kaimana, sambil menyampaikan harapan dan optimisme terhadap keberhasilan workshop daring tersebut.

Peserta Webinar Makin Cakap Digital 2024

Photo :
  • ist

Dalam webinar ini, tema utama "Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini" dihadirkan oleh tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Yulia Dian CK (Social Media Specialist & Writer) membawakan pilar Keamanan Digital, Tatty Aprilyana (Fasilitator) membawakan pilar Budaya Digital, dan Putri Masyita (Digital Content Creator) membawakan pilar Etika Digital. Workshop berlangsung dari jam 10.00-12.00 WIT dan dipandu dengan apik oleh moderator Grace Melz.

Yulia Dian, narasumber pilar Keamanan Digital, menekankan pentingnya personal branding sejak dini di era digital.

"Tidak hanya produk dari brand tertentu yang membutuhkan pemasaran, tapi kita sebagai individu juga membutuhkannya. Karenanya personal branding itu dibutuhkan bahkan sejak usia dini di sekolah seperti DigiFriends dengan mulai merencanakan tentang 5 hal penting yang menjadi bekal di era digital, yaitu kompetensi, reputasi, prestasi, profesi dan konsistensi," ujarnya.

Yulia juga menjelaskan bahwa pembelajaran kreatif sejak dini sangat penting untuk masyarakat digital. Dengan jutaan pengguna media sosial di Indonesia, mereka perlu diajak untuk mengurangi rasa ingin tahu tentang kehidupan orang lain dan lebih banyak mencari tahu tentang ide-ide baru. Sosial media memiliki banyak jenis, sehingga perlu dikenali kelebihan dan kekurangan masing-masing dan disesuaikan dengan kepribadian Digifriends.

Workshop daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 3 diadakan di Kabupaten Kaimana, Papua Barat, dan dihadiri oleh beberapa sekolah, antara lain SD Yapis, SMP Yapis, SMPN 1 Kaimana, dan SMA YPPK Kaimana. Workshop ditutup dengan pengumuman pemenang gimmick berupa uang elektronik bagi Digifriends penanya terbaik. Workshop ini akan dilanjutkan dengan tema yang berbeda dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari Digifriends yang akan diisi oleh penggiat literasi yang sudah berpengalaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya