7 Amalan Sunnah Spesial Ramadhan: Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan
Sumber :
  • pinterest

VIVA – Bulan Ramadhan mengantarkan umat muslim ke gerbang pahala yang lebih besar dari bulan biasanya. Setiap keutamaan yang terkandung di bulan Ramadhan menjadikan bulan ini sangat istimewa.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Allah SWT mewajibkan hambanya berpuasa tidak hanya semata-mata untuk menahan rasa lapar dan haus selama 12 jam. Maka dari itu, diharamkan untuk umat muslim bermalas-malasan ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Manusia memiliki banyak cara tersendiri untuk mengejar amalan di bulan penuh berkah ini. Selain berpuasa, terdapat amalan-amalan Sunnah yang dapat mendatangkan pahala bagi siapa saja yang menjalaninya. Dilansir dari berbagai sumber Selasa, 12 Maret 2024, beberapa amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan yakni sebagai berikut.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Ilustrasi ibadah solat

Photo :
  • Paxel

1.  Makan Sahur

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Makan sahur yaitu sebagai bekal energi selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa membutuhkan persiapan fisik yang baik, karena itu kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk tidak melewatkan sahur.

Rasullulah SAW bersabda yang artinya “Makanan sahur itu berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya meski hanya meminum seteguk air, karena Allah SWT dan para malaikat mendoakan rahmat kepada orang-orang yang memakan makanan sahur.”

2. Berbuka dengan Kurma

Sunnah Nabi Muhammad SAW, berbuka dengan memakan kurma dalam jumlah yang ganjil. Memakan kurma segar maupun kurma kering, namun jika tidak tersedia maka dengan air mineral. Ini adalah amalan yang diajarkan oleh Rasulullah dan merupakan bagian dari kebiasaan yang baik.

3. Mengucapkan Tasbih, Tahmid, Takbir

Perbanyak berdzikir dengan mengucapkan tasbih subhanallah, tahmid alhamdullilah, dan takbir allahu akbar. Di bulan Ramadhan berdzikir mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT dan dapat dibaca kapan saja. Mulai dari berdzikir saat sahur, setelah sholat, saat menunggu buka puasa, saat berbuka puasa hingga di malam hari.

4. Menjaga Lisan

Umat islam dianjurkan untuk menjaga lisannya dari perkataan yang buruk, dusta atau bahkan perkaataan yang bisa menyakiti seseorang. Menjaga lisan merupakan ajaran dari Rasullulah SAW dan bagian penting dalam memperbaiki akhlak dan hubungan antarmanusia.

5. Bersedekah

Sedekah memiliki nilai yang sangat mulia dalam Islam. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah, baik itu dalam bentuk harta maupun kebaikan lainnya kepada sesama. Sedekah memiliki nilai yang sangat mulia dalam islam, Rasullulah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah, baik itu dalam bentuk harta maupun kebaikan lainnya kepada sesama.

6. Memperbanyak I’tikaf di Masjid

I’tikaf di masjid yaitu berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebaiknya, I’tikaf dilakukan selama satu bulan penuh. Namun, jika tidak bisa maka diutamakan 10 hari selama bulan Ramadhan.

7. Salat Tarawih

Salat tarawih yaitu salat sunnah berjamaah yang khusus dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan, setelah sholat isya dan sebelum sholat subuh.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW dijelaskan salah satu keutamaan sholat tarawih yaitu diampuni dosa-dosa di masa lalu “barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR Al-Bukhari Muslim).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya