Rahasia-Rahasia Doa Agar Segera Dikabulkan oleh Allah SWT

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Rasulullah SAW mengatakan bahwa kita harus berdoa kepada Allah SWT dengan penuh keyakinan. Rasulullah SAW bersabda : "Berdoalah kepada Allah disertai keyakinan bahwa Allah akan mengabulkannya. Ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa dari kalbu yang lalai dan lengah." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dari Salman).

7 Rahasia Google

Dalam hadist sebelumnya dijelaskan bahwa setiap orang yang beragama Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT setiap saat sebagai upaya dan meminta apa yang dia inginkan.

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Namun, setelah berdoa kita sering bertanya-tanya, "Kenapa ya doa saya belum juga dikabulkan?"

Hal itu diwajarkan, namun jangan sampai membuat kita menyerah dan berhenti berdoa. Ketahuilah bahwa Allah SWT selalu mendengarkan doa dari semua hamba-Nya. Hanya Dia yang tahu apakah doa itu akan dikabulkan atau tidak.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Bukan berarti Allah tidak mendengar doa kita. Sebaliknya, kita harus bersabar dan yakinlah bahwa Allah sedang mempersiapkan sesuatu yang lebih baik yang kita tidak tahu.

Namun, ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk memastikan bahwa doa kita akan diijabah dan terkabul dengan cepat, dilansir dari Rumah Zakat pada Rabu, 13 Maret 2024 : 

1.  Memilih Waktu Terbaik atau Mustajab

 “Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-padaKu, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim

 2.  Menghadap Kiblat dan Mengangkat Tangan

Dari Jabir RA, Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (HR. Muslim) 

 3.  Khusyu

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (Q.s. Al-Anbiya’: 90) 

 4.  Bersuara Lirih dan Tidak Berteriak

 “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Q.s. Al-A’raf: 55) 

5.  Memuji Allah dan Bershalawat Kepada Nabi

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad) 

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • Pixabay

 6.  Yakin Doa Pasti Dikabulkan

“Janganlah kalian ketika berdoa mengatakan: Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau. Hendaknya dia mantapkan keinginannya, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari & Muslim).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya