7 Amalan di Bulan Ramadhan dengan Pahala Setara Haji

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan
Sumber :
  • pinterest

VIVA – Bulan ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan penuh berkah, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengerjakan amal ibadah di bulan ramadhan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Amalan tersebut yaitu ibadah umrah di bulan ramadhan yang ternyata memiliki pahala yang begitu besar bahkan ada hadist yang menjelaskan amalan tersebut jika dikerjakan di bulan ramadhan setara dengan ganjaran haji. Selain umrah, ada amalan-amalan ibadah lain yang dijanjikan pahala oleh Allah SWT. Berikut ulasannya di lansir dari berbagai sumber, Kamis, 14 Maret 2024.

1. Puasa

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Amalan yang utama tentunya menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dalam ayat Al-Quran menjelaskan bahwa tujuan akhir dari puasa di bulan Ramadhan adalah agar menjadi orang yang bertaqwa.

Ilustrasi santri mengaji.

Photo :
  • Istimewa
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah: 183).

2. Membaca Al-Quran

Selain di hari-hari biasa, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca Al-Quran di bulan ramadhan ini. Seperti yang dilakukan Rasulullah, yang diceritakan dalam riwayat Aisyah RA dia mengatakan bahwa:

"Saya tidak pernah mengetahui Rasullulah SAW membaca Al-Quran semuanya, sholat sepanjang malam dan puasa sebulan penuh, selain di bulan ramadhan," (HR Ahmad).

3. Sholat Tarawih Berjamaah

Salat tarawih yaitu salat sunnah berjamaah yang khusus dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan, setelah sholat isya dan sebelum sholat subuh.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW dijelaskan salah satu keutamaan sholat tarawih yaitu diampuni dosa-dosa di masa lalu “barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR Al-Bukhari Muslim).

4.Malam Lailatul Qadar

Lailatulqadar, malam yang sangat istimewa di bulan ramadhan dan disebutkan dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini termasuk sangat penting bagi umat muslim, karena pada nalam ini diturunkannya Al-Quran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia.

sholat dhuha

Photo :
  • vstory

Mengutip dari beberapa sumber bahwa malam lailaturqadar terjadi di 10 hari terakhir ramadhan khususnya pada malam ganjil, 21, 23, 25, 27, 29. Pada malam ini Allah SWT menjanjikan ampunan bagi hambanya yang memohon kepada Allah, karena hal ini dianggap sebagai malam pelebur dosa. Amalan yang dianjurkan yaitu, sholat malam, membaca Al-Quran, dzikir, berdoa, membaca sholawat, tasbih, dan sebagainya.

"Barang siapa yang beribadah pada malam lailatulqadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni doss-doanya yang terdahulu," (HR Bukhari).

5. Perbanyak I'tikaf di Masjid

I’tikaf di masjid yaitu berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebaiknya, I’tikaf dilakukan selama satu bulan penuh. Namun, jika tidak bisa maka diutamakan 10 hari selama bulan Ramadhan.

6. Konsisten Sholat Jamaah 5 Waktu di Masjid

Sholat berjamaah lebih utama dibanding sholat sendirian. Selain mendapatkan pahala 27 kali lipat, sholat berjamaah dimasjid juga dilimpahkan pahala ibadah haji jika dilakukan terus menerus. Sementara orang yang rajin mengerjakan sholat dhuha di masjid dihadiahi pahala ibadah umrah.

“Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Daud).

7. Ibadah Umrah

Rasulullah bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji,” (HR. Bukhari dan Muslim). Imam Nawawi berkata, “Yang dimaksud adalah umrah Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun, bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya