Kabar Baik, Pendaftaran SPAN-PTKIN Diperpanjang Hingga 19 Februari 2024

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi
Sumber :
  • Kemenag

JAKARTA  – Kabar baik untuk para siswa yang mengikuti Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) 2024. Setelah melalui banyak pertimbangan sekaligus melihat minat yang besar dari para calon peserta didik, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) tahun 2024 mengumumkan bahwa pendaftaran akan diperpanjang hingga tanggal 19 Maret 2024 sampai batas waktu pukul 23.59 WIB.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Ahmad Zainul Hamdi selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, menjelaskan betapa pentingnya implementasi SPAN-PTKIN sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia. Sejauh ini, pria yang akrab disapa Inung tersebut melihat adanya landasan yang sangat kuat untuk mengevaluasi, mengembangkan, dan memperbaiki berbagai aspek pendidikan dengan fokus pada peningkatan kualitas mahasiswa lewat penyelenggaraan SPAN-PTKIN.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Pihaknya juga akan terus bekerja sama dengan semua yang berkepentingan untuk mewujudkan visi pendidikan tinggi keagamaan Islam yang berkualitas, inklusif, dan berdaya saing global dalam mengikuti arus perkembangan zaman. Inung juga yakin mahasiswa di Indonesia ini punya potensi yang luar biasa dan akan dibantu untuk meningkatkannya dalam lingkup pendidikan yang lebih layak.

"Kami percaya bahwa setiap individu memiliki potensi yang luar biasa, dan kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan dan pencapaian setiap mahasiswa," ujar Inung, melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Sabtu 16 Maret 2024.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Melihat peluang yang sangat besar ini, akhirnya PMB PTKIN memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran untuk memastikan kelancaran proses seleksi dan finalisasi data para peserta.

"Maka untuk memastikan kelancaran proses seleksi dan finalisasi data calon mahasiswa, kami telah memutuskan untuk memperpanjang periode SPAN-PTKIN," tambahnya.

Semula, masa pendaftaran siswa SPAN-PTKIN 2024 dibuka mulai 12 Februari 2024 hingga 15 Maret 2024. Kini, jadwal tersebut berubah 4 hari lebih lama yaitu hingga 19 Maret 2024.

Nyanyu Khodijah selaku Ketua Panitia Nasional (PMB PTKIN) tahun 2024, mengatakan bahwa keputusan memperpanjang periode pendaftaran siswa SPAN-PTKIN ini tidak lain dilakukan karena melihat ada banyak siswa yang memenuhi syarat untuk ambil andil, namun mereka mengalami kendala dalam melakukan finalisasi pendaftaran.

"Perpanjangan masa pendaftaran kami lakukan untuk memberikan peluang seluas mungkin kepada siswa-siswi yang berprestasi untuk melanjutkan studi ke PTKIN", ujar Nyayu.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah pendaftaran dalam masa perpanjangan ini hanya bisa dilakukan oleh siswa yang sudah didaftarkan oleh sekolahnya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Dalam waktu 4 hari ini, Nyanyu berharap para siswa bisa memaksimalkan kesempatannya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya