7 Waktu Mustajab untuk Memperbanyak Doa di Bulan Ramadhan

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

VIVA – Ramadhan bulan mulia yang penuh dengan keberkahan, semua muslim tentu berlomba-lomba untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dan berdoa. Bukan sekedar berlomba mencari pahala, tetapi juga selalu berdoa kepada Allah SWT agar segala hajat dan keinginannya dapat dikabulkan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Lalu, kapan saja waktu-waktu berdoa yang mustajab di bulan Ramadhan? Berikut 7 kesempatan terbaik untuk memperbanyak doa di bulan Ramadhan yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin, 18 Maret 2024.

1 Sepertiga Malam

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Waktu ini dikenal sebagai waktu yang paling efektif untuk berdoa kepada Allah SWT. Umumnya sepertiga malam terakhir dimulai sekitar pukul 00.00 sampai dengan 03.00. Sepertiga malam juga merupakan waktu untuk menjalankan ibadah sholat tahajud.

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Freepik
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

2. Saat Sahur

"Manakah orang yang sedang memanggilku, biarku jawab panggilannya. manakah orang yang meminta kepadaku biarku berikan permintaannya. Manakah orang yang memohon ampunan kepadaku biarku berikan ampunanya," HR Al-Bukhori no.1145 dan Muslim no 758.

3. Saat Berpuasa

Seluruh waktu selama menjalankan ibadah puasa adalah waktu yang baik untuk berdoa. Pada saat itu, seorang muslim sedang dalam kondisi yang suci dan menahan hawa nafsu, sehingga berdoa yang dipanjatkan akan lebih mudah dikabulkan.

4. Di Antara Adzan dan Iqamah

Jeda antara kumandang adzan dan iqamah adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah shallallau alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk berdoa pada waktu tersebut.

“Doa diantara adzan dan iqomah tidak tertolak,” HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad.

5. Setelah Sholat Ashar di Hari Jumat

Hari jumat adalah hari yang mulia bagi umat muslim, terutama di bulan Ramadhan. Hari Jumat termasuk waktu berdoa yang mustajab.

"Jika seorang muslim berdoa pada saat itu, pasti diberikan apa yang dia minta, lalu dia mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentar lagi waktu tersebut," HR. Bukhari dan Muslim.

6. Menjelang Berbuka

Waktu yang paling dinanti-nanti semua muslim, setelah Lelah berpuasa menahan haus, lapar dan amarah. Ternyata, waktu tersebut juga menjadi waktu yang dinantikan Allah untuk mendengarkan doa-doa kita.

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka,” HR Ibnu Majah.

7. Pada Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah dan ampunan. Malam ini dijamin oleh Allah SWT sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Barang siapa yang beribadah pada malam lailatul qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahuu,” HR Bukhari. 

Meskipun ini adalah waktu yang dianggap mustajab untuk berdoa, penting untuk diingat bahwa Allah SWT Maha mendengar dan maha Mengetahui. Doa yang dipanjatkan dengan kekhusyukan dan keikhlasan pada waktu selain yang disebutkan di atas tetap berpeluang untuk dikabulkan.

Yang terpenting adalah kita sebagai umat Islam harus memperbanyak doa, baik di dalam maupun di luar Ramadhan. Selain waktu-waktu yang disebutkan, dianjurkan juga untuk berdoa di saat-saat kesulitan setelah sholat fardu dan ketika sujud terakhir dalam sholat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya