5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Suci Ramadhan

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Bulan Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pahala amalan dilipatgandakan, pintu-pintu kebaikan dibuka lebar dan setan dibelenggu. Di bulan yang mulia ini umat Islam berlomba-lomba untuk meningkatkan ketaqwaan mereka, salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Quran.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak tadarus bulan Ramadhan. Melalui tadarus, kita bisa saling belajar dan khatam Al-quran bersama-sama sehingga suasana Ramadhan menjadi semakin syahdu dan penuh berkah. Berikut 5 keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, Melansir berbagai sumber, Selasa, 19 Maret 2024.

1. Pahala Berlipat Ganda

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik

Setiap huruf dalam Al-Quran mengandung kebaikan dan pahala keutamaan ini dilipatgandakan di bulan Ramadhan.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Rasulullah bersabda "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan. Setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh pahala semisalnya, kecuali bacaan Al-Quran. Satu huruf diblas sepuluh pahala, Qul Huwallahu Ahad dihitung sama dengan sepertiga Al-Quran,' HR. At-Tirmidzi.

2. Diangkat Derajat dan Ditempatkan di Tempat Terbaik

Membaca Al-Quran atau mengaji menjadi amalan yang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia dan akhirat. Rumah yang sering dibacakan Al-Quran akan terasa teduh dan dipenuhi keberkahan, malaikat pun akan merasa senang berada di dalamnya.

"Hiasi dirimu dengan Al-Quran, sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat dan memberi tempat yang mulia kepada orang mulia karena Al-Quran," HR. Ahmad.

3. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Jiwa

Al-Quran sebaik-baiknya petunjuk dan obat penyakit hati. Membacanya dengan perlahan dan sesuai tajwid akan memberikan efek ketenangan. Di bulan ramadhan, ujian dan godaan bisa saja datang. Membaca Al-Quran secara rutin akan menjadi benteng dan penenang hati

4. Diampuni Dosa-dosa dan Dimudahkan di Hari Kiamat

Membaca Al-Quran bisa menjadi sebab diampuninya dosa-dosa Rasulullah bersabda, "Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya dia akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat," Hr Ahmad.

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Selain itu, membaca Al-Quran secara rutin terlebih di bulan ramadhan, akan memberikan kemudahan di hari akhir. Rasulullah bersabda "Bacalah Al-Quran oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Quran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolong di hari kiamat nanti," HR. Muslim.

5. Menyucikan Diri dari Dosa dan Perbuatan Buruk

Al-Quran ibarat petunjuk dan cahaya yang menerangi jalan kebenaran. Membaca dan memahami kandungan Al-Quran dapat menjadi benteng untuk melawan godaan hawa nafsu dan perbuatan dosa. Dengan menghidupkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, kita akan terhindar dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya