3 Amalan Ini Punya Pahala Setara dengan Haji dan Umrah

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

JAKARTA  – Terdapat tiga amalan yang ternyata memiliki pahala setara dengan melaksanakan ibadah haji dan umrah bagi mereka yang belum mempunyai kesempatan untuk menjalankan ibadah haji secara fisik. 

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadits, yang menegaskan bahwa amalan-amalan tersebut, jika dilakukan dengan ikhlas dan konsisten, akan mendatangkan pahala yang setara dengan ibadah haji. Apa saja amalan tersebut? Dilansir dari NU Online, berikut amalan-amalannya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Rajin salat jamaah lima waktu di masjid dan salat dhuha

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Ilustrasi umat muslim menjalankan ibadah salat Tarawih.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Konsistensi dalam melaksanakan salat berjamaah lima waktu di masjid dan salat dhuha. Salat berjamaah di masjid memiliki keutamaan tersendiri, dan jika dilakukan secara terus-menerus, pahalanya setara dengan ibadah haji. Begitu pula dengan orang yang rajin melaksanakan salat dhuha di masjid, dia akan mendapatkan pahala sebagaimana ibadah umrah.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

2. Dzikir setelah salat shubuh berjamaah sampai terbit matahari

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • Pixabay

Dikir setelah salat subuh berjamaah hingga terbit matahari, lalu dilanjutkan dengan melaksanakan salat sunnah dua rakaat. Orang yang melaksanakan amalan ini akan mendapatkan pahala ibadah haji dan umrah, asalkan tetap berdzikir di masjid hingga terbit matahari.

3. Menuntut ilmu atau mencari kebaikan ke masjid

Ilustrasi masjid.

Photo :
  • sacred-destinations.com

Selanjutnya adalah pergi ke masjid untuk menuntut ilmu atau mencari kebaikan. Tidak hanya salat, namun juga aktivitas menuntut ilmu dan mengajar di masjid akan mendatangkan pahala sebagaimana ibadah haji.

Meskipun pahala dari ketiga amalan tersebut setara dengan ibadah haji dan umrah, namun hal ini tidak menghapuskan kewajiban haji dan umrah bagi umat Islam yang mampu. Kewajiban tersebut tetap berlaku bagi siapa pun yang mampu melakukannya.

Pemberian pahala setara dengan ibadah haji dan umrah atas ketiga amalan di atas bertujuan untuk memotivasi umat Islam untuk melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, sebagai bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya