Tiga Duta Besar Kunjungi SMA Labschool Cibubur, Ada Apa?

Tiga Duta Besar Kunjungi SMA Labschool Cibubur
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bagi SMA Labschool Cibubur, Jumat, 22 Maret 2024 mungkin menjadi hari yang sangat istimewa. Pasalnya, sekolah yang terletak di daerah Cibubur itu dikunjungi secara resmi oleh tiga duta besar dari negara-negara Frankofon yaitu Prancis (Fabien Penone), Tunisia (Wissem Moatemri) dan Cyprus (Nikos Panayiotou). Kunjungan tiga duta besar negara tersebut dilakukan untuk melihat best practices program France Track yang hanya dimiliki oleh SMA Labschool Cibubur.  

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

France Track adalah sebuah program dwibahasa yang dijalankan SMA Labschool Cibubur di mana peserta didik yang lulus dari program ini akan memiliki kompetensi tambahan yaitu bahasa Prancis. SMA Labschool Cibubur menjadi satu-satunya sekolah yang telah ditunjuk oleh kedutaan Besar Prancis untuk menjalankan program tersebut sejak tahun 2019.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd, selaku Tokoh Pendidikan Nasional sekaligus Penasihat Labschool YP-UNJ mengatakan bahwa Labschool sangatlah terhormat telah kedatangan duta besar dari negara-negara tersebut. Beliau mengatakan bahwa Labschool berupaya untuk dapat menghadirkan peserta didik yang memiliki pemikiran yang global namun tetap tidak meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu, siswa program France Track SMA Labschool Cibubur berkesempatan melakukan tanya jawab kepada para duta besar tersebut dengan menggunakan bahasa Prancis. Diskusi ini sekaligus menunjukkan kemampuan bahasa Prancis siswa program France Track ini di hadapan para duta besar frankofon tersebut. Bahkan tidak jarang jokes-jokes ringan disampaikan oleh para duta besar tersebut kepada siswa.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Duta Besar Prancis Fabien Penone dalam sambutannya mengatakan merasa bangga dengan setelah melihat kemampuan siswa Program France Track tersebut. Beliau bahkan kaget dan terkesima melihat siswa-siswa SMA dapat berbicara bahasa Prancis dengan sangat lancar. Hal ini dapat menjadi modal bagi siswa dan siswi SMA Labschool Cibubur untuk dapat melanjutkan di perguruan tinggi di Prancis atau menggunakan kemampuannya itu untuk hal lainnya. 

Dalam sambutannya, Kepala SMA Labschool Cibubur, Dr. Ali Chudori mengatakan bahwa Program France Track adalah sebuah upaya untuk menjadikan siswa di SMA Labschool Cibubur sebagai bagian dari Global Citizenship di tengah semakin terbukanya dunia pada hari ini. “Dengan adanya program France Track ini, siswa memiliki keterampilan tambahan di samping keterampilan yang mereka miliki pada hari ini dan itu menjadi tambahan bagi mereka kelak,” tambah Ali Chudori. 

Asdineri Ruslim selaku kepala BPH Labschool Cibubur mengatakan bahwa kedatangan tiga duta besar ini memberikan kekuatan tersendiri bagi Program France Track dan menambah semangat bagi siswa untuk dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dalam mempelajari bahasa Prancis.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya