Ini 7 Hal yang Menghambat Datangnya Rezeki, Nomor 3 Sering Dilakukan

Uang dalam koper. (ilustrasi)
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rezeki sudah diatur oleh Allah, jadi tidak ada rezeki yang diambil atau ditukar oleh orang lain. Ini karena Allah telah menetapkan kadar rezeki untuk setiap orang, bahkan saat manusia masih dalam kandungan.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Rasulullah bersabda, ”Kemudian diutuslah Malaikat kepadanya (janin). Malaikat itu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan untuk menuliskan empat kalimat (ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah baginya), yaitu: (1) rezeki, (2) ajal, (3) amal perbuatan dan (4) (apakah nantinya dia termasuk) orang yang celaka (masuk neraka) atau orang yang berbahagia (masuk surga).” (HR Muslim no. 6893).

Ilustrasi uang

Photo :
  • vstory
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Persoalan ini adalah upaya kita untuk mendapatkan rezeki tersebut dengan cara yang sesuai dengan peraturan syariat Islam. Hal tersebut menunjukkan bahwa agama Islam tidak mengajarkan umat Islam untuk diam dan tidak bekerja karena semua telah ditakdirkan oleh Sang Maha Kuasa. 

Jika memang sudah ditentukan, apa yang menghalangi kita untuk mendapatkan rezeki? Berikut faktor-faktor penghambat datangnya rezeki, dilansir dari Sinergi Foundation pada Selasa 26 Maret 2024 : 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

1. Tidak menjaga lisan sehingga mencela ciptaan Allah

Hal-hal yang tidak boleh kita cela adalah waktu, angin, hujan, atau fenomena alam lainnya. Mencaci fenomena tersebut sama dengan mencibir pembuatnya. Seorang sahabat mengatakan kepada Rasulullah SAW tentang rezeki yang seret. Rasul berkata, "Barangkali engkau pernah mencela angin."

2. Kikir

Ibnu Abbas RA pernah mengatakan bahwa menolak memberi ragi menyebabkan kefakiran dan pelit berbagi air hanya akan menyebabkan penyesalan. Ini juga disebutkan dalam hadis Rasul bahwa ada lima hal yang harus dibagi yakni air, garam, api, jarum, dan ragi. Jika tidak dibagi, mereka akan terhalang dari kebaikan di akhirat. 

3. Terlalu banyak tidur

Selain tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengganggu metabolisme dan masalah kesehatan lainnya, tidur di waktu pagi juga dapat menghambat rezeki. Karena pagi adalah waktu di mana banyak pintu rezeki dibuka dan orang-orang memulai aktivitasnya.

4. Berbuat zalim dan maksiat

Orang yang bertindak zalim dan sering melakukan kemaksiatan pasti akan menghentikan jalan rezeki, mengurangi keberkahan usia, menghilangkan sinar wajah, dan mengantarkan mereka ke siksa neraka.

5. Berlaku curang

“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. Tidakkah orang-orang itu yakin bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan. Pada suatu hari yang besar. (Yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Rabb semesta alam.” (QS Al Muthaffifîn:1-6)

6. Berkhianat

Rasul mengatakan dalam sebuah kisah bahwa berkhianat akan mendatangkan kefakiran. Sebaliknya, komitmen untuk menjaga amanat  merupakan daya magnet luar biasa atas rezeki.

Ilustrasi uang logam

Photo :

7. Bersikap tamak

Meskipun tamak dapat mengumpulkan banyak harta duniawi, sayangnya harta tersebut malah akan menjadi beban di akhirat karena rezeki yang baik seharusnya membawa pemiliknya ke surga.

“Sesungguhnya dinar dan dirham telah membinasakan orang-orang sebelum kalian dan keduanya juga membinasakan kalian.” (HR Al Bazzar, V/51, no. 1612 dengan sanad jayyid).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya