Ngeri, Puasa Ramadhan Seumur Hidup Bisa Tak Dapat Pahala, Jika…

Pemantauan Hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Perlu diwaspadai, ada faktor-faktor yang dapat membuat puasa Ramadhan tidak diterima oleh Allah SWT. Meskipun seseorang berpuasa setiap tahun dari masa kecil hingga tua, namun hal tersebut tidak akan mendatangkan kebaikan kecuali rasa lapar dan haus.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Hal ini merupakan suatu kerugian yang besar bagi manusia, karena meskipun mereka berusaha keras menjalankan ibadah puasa Ramadhan, namun jika tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah, maka puasanya tidak akan mendapatkan pahala yang diharapkan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam saluran YouTube-nya, ada beberapa alasan mengapa puasa Ramadhan seseorang tidak diterima oleh Allah SWT.

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

Penceramah, Ustaz Syafiq Basalamah

Photo :
  • YouTube

“Ada orang-orang yang puasa Ramadhan, 10 kali dia menghadapi ramadhan," ujar Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

"Ada yang mungkin 30 tahun berpuasa ramadhan tidak diterima puasa, kenapa. Karena dia tidak menyimpan atau dia tidak memiliki dua persyaratan dalam ibadah puasa dia," lanjutnya.

Lantas apa yang membuat puasa seseorang tidak diterima oleh Allah? "Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengatakan, barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan iman, karena iman. Bukan karena ikut-ikutan. Puasanya itu mengharap pahala," terang Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengingatkan bahwa tidak jarang ada orang yang berpuasa Ramadhan hanya karena ikut-ikutan.

Niat puasa ganti Ramadhan

Photo :
  • wealthcare

Ada orang yang puasa hanya karena ingin dilihat oleh orang lain, bukan karena Allah SWT. Maka yang demikian itu adalah puasanya orang-orang munafiq.

"Ada yang berpuasa nih suami-suami biasanya. Ada yang berpuasa dirumah, berbuka di luar, tarawih ikut tarawih. Tapi di luar nggak puasa dia, nih puasanya orang-orang munafiqin yang dia puasa hanya untuk dilihat orang," tegas Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya