Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri: Momen Penuh Berkah dan Kebahagiaan

Ilustrasi Lebaran.
Sumber :
  • Dok. Bibit

VIVA – Hari Raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan istilah Lebaran adalah salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Idul Fitri bukan hanya sekadar sebuah perayaan, tetapi juga memiliki berbagai keistimewaan dan makna yang mendalam bagi umat Islam. Berikut ini beberapa keistimewaan dari Hari Raya Idul Fitri. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

1. Kemenangan Setelah Menjalani Puasa

Viral Curhatan Warga Palembang Telat Sholat Idul Fitri Gegara Nunggu Pejabat

Photo :
  • ANTARA
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Idul Fitri adalah momen kemenangan bagi umat Islam setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan dianggap sebagai ibadah yang paling mulia di antara ibadah-ibadah lainnya. Oleh karena itu, Idul Fitri menjadi simbol kebahagiaan dan kemenangan atas kesabaran dan ketekunan umat Muslim dalam menjalani ibadah puasa.

2. Pembersihan Diri dari Dosa

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Viral Curhatan Warga Palembang Telat Sholat Idul Fitri Gegara Nunggu Pejabat

Photo :
  • ANTARA

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan melakukan amal kebaikan secara lebih intensif. Dengan menjalani puasa, umat Muslim berusaha untuk membersihkan diri dari dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Idul Fitri menjadi momen di mana umat Islam merayakan kesuksesan mereka dalam memperbaiki diri dan berharap mendapatkan ampunan serta ridha Allah SWT.

3. Kebahagiaan Bersama Keluarga dan Teman

Ilustrasi Lebaran.

Photo :
  • Dok. Bibit

Hari Raya Idul Fitri adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari, Idul Fitri menjadi waktu yang tepat untuk saling bersilaturahmi, berbagi kebahagiaan, dan menguatkan tali persaudaraan. Tradisi berkunjung ke rumah-rumah kerabat dan tetangga serta saling memberikan maaf juga menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri.

4. Kebaikan dan Kebajikan

Hari Raya Idul Fitri

Photo :
  • pixabay

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diajarkan untuk meningkatkan amal kebaikan dan memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan. Zakat Fitrah adalah salah satu bentuk amal kebaikan yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim menjelang Idul Fitri sebagai sarana membersihkan harta dari kotoran dan memperoleh pahala serta berkah. Idul Fitri menjadi kesempatan untuk menunjukkan kasih sayang, kepedulian, dan kebaikan kepada sesama.

5. Berkumpul di Masjid dan Melakukan Shalat Id

sholat idul adha 1436 H di masjid istiqlal

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Salah satu tradisi yang dilakukan umat Islam saat Hari Raya Idul Fitri adalah melaksanakan Shalat Id bersama di masjid atau lapangan terbuka. Shalat Id merupakan bentuk ungkapan syukur atas nikmat kemenangan setelah menjalani ibadah puasa. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antarumat Islam dalam suatu komunitas dan merayakan kebersamaan di hadapan Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya