Al-Qur'an for All: Hadirkan Iqro'na untuk Penyandang Disabilitas

Iqrona untuk Penyandang Disabilitas
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI resmi meluncurkan Iqro’na, sebagai panduan praktis membaca Al-Qur’an Braille.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Panduan ini disebut Iqro' bil-kitabah al-Arabiyah an-Nafirah, disingkat Iqro’na. Kata Iqro' dalam panduan ini ditulis dalam huruf Arab Braille.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani yang berkesempatan me-launching Iqro’na menyebut ini sebagai solusi inklusif untuk sahabat-sahabat penyandang disabilitas.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Iqrona untuk Penyandang Disabilitas

Photo :
  • Istimewa

Sebagai sebuah model pembelajaran bagi pembelajar Al-Qur’an braille, “Karya inovatif dari Kementerian Agama ini, untuk menyapa seluruh bagian dari bangsa terutama disabilitas,” Ujarnya, di Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Umat Buddha Akan Rayakan Waisak 2568 BE dengan Tema Kesadaran Atas Keberagaman

Sementara itu, Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agam RI, Suyitno mengatakan bahwa Kemenag memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan layanan tanpa diskriminasi, termasuk menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan bagi seluruh umat muslim Indonesia.

Iqrona untuk Penyandang Disabilitas

Photo :
  • Istimewa

Ramadan Show yang digelar di Aula H.M. Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan Thamrin No. 6, Jakarta. Hadirnya Iqro’na sebagai panduan praktis membaca Al-Qur’an braille, mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi.

Pada kesempatan tersebut, Syeikh Al-Hazmi menyatakan komitmennya untuk memproduksi Al-Qur’an isyarat sebanyak mungkin, yang akan dicetak di Madinah untuk menjadi sumber bacaan bagi sahabat-sahabat penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya