UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54, Targetkan Jadi Universitas Riset Terdepan

UIN Walisongo Gelar Dies Natalis ke-54
Sumber :
  • Istimewa

Semarang – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-54 yang mengusung tema ‘Transformasi dalam Harmoni’ di Auditorium Prof. Tgk. Ismail Yakub Kampus 3 Kamis, 4 April 2024.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Acara yang diikuti 284 tamu undangan dan 700 civitas UIN Walisongo ini dibuka oleh Ketua Senat UIN Walisongo Prof. Dr. Abdul Jamil, M.A dan dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar mengangkat tema acara tersebut memiliki arti ‘transformasi’ yakni perubahan besar dan ‘harmoni’ berarti keselarasan, keseimbangan, atau keserasian antar elemen yang berbeda.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

AICIS 2024 di UIN Walisongo Semarang

Photo :
  • Istimewa

Nizar juga memaparkan capaian yang diraih oleh UIN Walisongo. Di antaranya peningkatan kulaifikasi dan kompetensi dosen yang saat ini terdapat 46 Guru Besar, 260 Lektor Kepala, 159 Lektor, dan 106 Asisten Ahli. Hal ini diimbangi dengan publikasi ilmiah di jurnal terindeks Scopus sejumlah 47 dan jurnal terindeks Sinta sejumlah 562 selama tahun 2023. 

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Prestasi Universitas yang sudah diraih di tahun 2023 yaitu PPID UIN Walisongo meraih peringkat Informatif dari KIP, Penerbit sertifikat halal terbaik dan PTKIN pengelola media sosial terbaik dari Kementerian Agama.

Terdapat 23 prestasi mahasiswa di tingkat internasional dan 110 di tingkat nasional. Juga terdapat 2.006 beasiswa dari pemerintah, lembaga, dan perusahaan yang disalurkan selama tahun 2023. 

Pengembangan UIN Walisongo kedepannya  memantapkan langkah UIN Walisongo sebagai world class university, meningkatkan capaian akademik dan kelembagaan secara progresif dan transformatif, mewujudkan harmoni dan tanggungjawab bersama seluruh elemen civitas akademik dan bergerak secara harmonis menuju tercapainya UIN Walisongo sebagai Universitas Riset Terdepan berbasis kesatuan ilmu untuk kemanusiaan dan peradaban. 

Dr. Dian Ayuning Tyas . dengan judul "Eksplorasi Senyawa Bahan Alam: Potensi dan Aplikasi". Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo tersebut menegaskan, melalui integrasi dalam berbagai bidang ilmu, kajian tentang transformasi bahan alam diharapkan dapat berjalan harmonis untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kompleksitas interaksi antara manusia, lingkungan, dan bahan alam. 

AICIS 2024 di UIN Walisongo Semarang

Photo :
  • Istimewa

Di luar itu, Dies Natalis ke-54 UIN Walisongo Semarang juga mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak. Mulai dari Pimpinan Kemenag, Rektor PTKIN, Rektor di wilayah Kota Semarang, stakeholder, serta mitra kerja sama; baik dalam bentuk video maupun karangan.

Turut hadir dalam acara Dies Natalis yaitu Rektor Unisula, Rektor Unwahas, Wakil Rektor dari UIN Sunan Kalijaga, UIN KH Abdurrahman Wahid, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, UIN Salatiga , pimpinan Baznas, Pimpinan PCNU, PW Muhammadiyah, pimpinan media dan pengasuh pesantren mitra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya