5 Doa di Akhir Ramadhan untuk Amal Ibadah Makin Afdol Diterima

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta –Muslim disarankan untuk merayakan akhir Ramadhan dengan berdoa agar ibadah yang telah dilakukan diterima oleh Allah dan berharap untuk dapat bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan di masa depan.

Ramadhan Jadi Berkah untuk Produsen HP China

Saat ini, Bulan Ramadhan hampir berakhir dan kita bersiap-siap untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Banyak dari kita mungkin merasa lega dengan berakhirnya Bulan Ramadhan karena puasa telah selesai, tidak lagi merasakan kelaparan di siang hari, dan kehidupan sehari-hari kembali normal.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • Pixabay/ Hamsan

Namun, dari perspektif agama, kegembiraan kita atas berakhirnya Bulan Ramadhan sebenarnya mencerminkan ketidaksempurnaan iman kita, karena dengan berakhirnya bulan tersebut, kesempatan untuk meraih pahala besar seperti yang ada di bulan Ramadhan pun hilang.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa doa yang bisa diamalkan di akhir Bulan Ramadhan agar ibadah puasa dan qiyamul lailatul selama Ramadhan dapat diterima oleh Allah, serta berharap agar bisa bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan di tahun-tahun mendatang.

Doa Akhir Ramadhan Latin dan Artinya

1. Doa Mohon Dipertemukan Ramadhan

Latin: Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman.

Artinya: Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

2. Doa Mohon Ampunan

Latin: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka memaaf, maka maafkanlah daku.”

3. Doa Mohon Ibadah Puasa Diterima

Ilustrasi meminta doa kepada Allah.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Latin: Rabbana taqabbal minna shiyamana wa qiyamana wa ruku'ana wa sujudana wa tilawatana innaka antas sami'ul alim

Artinya: Wahai Tuhan kami... terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"

4. Doa Diselamatkan Api Neraka

Latin: Allahumma Innaa nas aluka ridhooka wal jannah wa na'uudzubika min sakhatika wannaar, allahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annaa

Artinya: Semoga Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita, menerima semua amalan kita di bulan ramadhan, semoga Allah menyelamatkan kita dari api neraka. 

5. Doa agar Amalan Diterima

Latin: Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” 6. Doa Permohonan Keselamatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya