UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia
Sumber :
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

VIVA – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil mencatatkan prestasi dunia pada pemeringkatan QS World University Ranking (QS WUR) 2024 untuk klaster Theology, Divinity, dan Studi Religius dengan menempati ranking 101-140 internasional.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Dilansir dari Kemenag RI pada Rabu, 17 April 2024, UIN Jakarta adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di urutan ke-122. Hal ini didasarkan pada rilis QS World University Rankings by Subject 2024: Theology, Divinity, and Religious Studies.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia

Photo :
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Sebuah rilis yang diakses pada Senin, 15 April 2024 mencatat perolehan ranking 101–140 dalam klaster Theology, Divinity & Religious berdasarkan empat indikator penilaian, yakni academic reputation (52.9), citations per paper (89.3), reputasi employer reputation (48), dan H-indeks citations (74.7).

Menurut Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D., rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, prestasi ranking ini menempatkan UIN Jakarta setara dengan banyak universitas kelas dunia dari berbagai wilayah. Misalnya, seperti University Freiburg of Jerman, University Cornell, University Goethe-Frankfurt am Main, Seoul National University, dan University Leipzig.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Sejak pendiriannya, beberapa perguruan tinggi di seluruh dunia memiliki tradisi akademik yang sangat mapan. Sebagai contoh, University of Freiburg yang didirikan pada tahun 1457 dimasukkan ke dalam sepuluh universitas terbaik di Jerman. 

Dengan cara yang sama, Universitas Goethe Frankfurt am Main yang didirikan pada tahun 1914 dikembangkan dengan semangat pencerahan Eropa dan penolakan rasisme. Dengan cara yang sama, Cornell University yang berdiri di Ithaca, New York, AS pada tahun 1865 terus mengembangkan tradisi akademiknya.

Hanya Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang turut serta bersama UIN Jakarta dalam perankingan ini dari dalam negeri. UGM menempati posisi ke-61, dan UI berada pada posisi ke-130 dunia.

Sementara itu, Harvard University, University of Oxford, University of Notre Dame, University of Cambridge, dan Eberhard Karls Universität Tübingen berada di peringkat lima terbaik QS World University Rankings 2024 untuk subjek Theology, Divinity, dan Studi Religius.

Mewakili pimpinan dan sivitas akademi UIN Jakarta, Asep Saepudin Jahar menyampaikan syukur dan apresiasi tinggi atas kerja keras seluruh elemen sehingga berbagai aspek yang menjadi indikator perankingan terpenuhi. 

“Syukur Alhamdulillah kita ucapkan dimana Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriyah ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masuk ke dalam peringkat QS World University Rankings 2024 pada subjek Theology, Divinity & Religious Studies,” ujarnya.

Apresiasi yang sama disampaikan Rektor Asep Jahar kepada pimpinan Kementerian Agama sehingga UIN Jakarta bisa mewakili kelompok PTKIN dalam perankingan tersebut. 

“Pencapaian ini juga tidak lepas dari dukungan Kementerian Agama RI sehingga UIN Jakarta bisa mewakili kelompok perguruan tinggi keagamaan Islam di pemeringkatan tersebut,” sebutnya.

Program internasionalisasi Universitas Islam Negeri Jakarta sejalan dengan pencapaian ranking ini. Di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ahmad Tholabi Kharlie M.A. M.H., Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, membentuk gugus tugas World Class University (WCU) untuk tujuan ini.

Salah satu tujuan utama tim ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja akademik UIN Jakarta sehingga setara dengan kampus kelas dunia. Untuk kedepannya, mereka berusaha UIN Jakarta dapat menempati ranking 127 di Asia Tenggara QS dan 751-800 di Asia Tenggara QS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya