Tim UI Torehkan Sejarah Baru di Kompetisi Pemrograman Tertua Dunia ICPC 2023

Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

VIVA – UI meraih prestasi membanggakan dalam International Collegiate Programming Contest (ICPC) 2023 World Finals di Luxor, Mesir. Tim Stack.py dan Bingung Weh dari UI menonjol di antara 170 universitas terkemuka di dunia dengan posisi masing-masing di peringkat 26 dan 36. Kompetisi ini diikuti oleh 840 peserta dari 50 negara.

Mahasiswa UI Kaget UKT Naik 10 Kali Lipat, Ini Penjelasan Kampus

ICPC World Finals adalah panggung akhir dari rangkaian pertandingan ICPC. Para finalis adalah tim-tim yang mencapai dua persen teratas di tingkat regional, dengan 3.406 universitas dari 104 negara berpartisipasi. Tim UI telah menunjukkan keunggulan sebelumnya dengan memenangkan ICPC Regional Asia Jakarta pada tahun 2021 dan 2022. Pada tahun 2023, ICPC mengadakan dua kompetisi World Finals, yaitu ke-46 dan ke-47, sebagai respons terhadap penundaan akibat pandemi sebelumnya.

Tim-tim UI yang berpartisipasi dalam ICPC 2023 World Finals terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Tim Stack.py terdiri dari Pikatan Arya Bramajati, Fausta Anugrah Dianparama, dan Hocky Yudhiono, sementara tim Bingung Weh diisi oleh Steven Novaryo, Ahmad Haulian Yoga Pratama, dan Budiman Arbenta.

UP Kerjasama dengan University of Malaya, Ini yang akan Dilakukan

Menurut Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D, pembimbing dan pengajar di Fasilkom UI, tim UI berhasil menyelesaikan lima masalah dari 11 percobaan yang diberikan pada ICPC World Finals 2023 ke-47. Sementara pada ICPC World Finals 2023 ke-46, tim UI berhasil menyelesaikan enam masalah dari 11 dan menduduki peringkat bersama ke-26.

"Dengan posisi tersebut, UI menjadi universitas tertinggi di Asia Tenggara bersama Nanyang Technological University (NTU). Jumlah masalah yang berhasil diselesaikan juga sebanding dengan Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) dan Stanford University," ujar Denny seperti dilansir laman resmi UI, Selasa 30 April 2024.

2 Pelajar SD Bikin Kagum Elon Musk

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dari Huawei Internasional sangat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan competitive programming tim UI.

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Photo :

Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., Dekan Fasilkom UI, memberikan apresiasi atas prestasi dan dedikasi para mahasiswa. "Selamat kepada tim UI atas pencapaian mereka dalam ICPC World Finals 2023 di Luxor. Ini menunjukkan dukungan penuh dari semua pihak di Fasilkom UI, dan membuktikan bahwa UI adalah pusat unggulan dalam pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dengan sumber daya manusia yang kompetitif, baik di tingkat nasional maupun internasional."

ICPC World Finals adalah kompetisi pemrograman tertua di dunia, dimulai sejak 1977. Sebelumnya, UI telah meraih predikat High Honours pada ICPC World Finals ke-44 di Moscow pada tahun 2021 dengan posisi ke-32, mengalahkan Stanford University yang berada di peringkat ke-51.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya