Menguatkan Nilai Luhur Pancasila di Lingkungan Kampus

Universitas Pancasila tandatangani MoU dengan MPR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

VIVA –Universitas Pancasila (UP) berkomitmen menguatkan nilai luhur Pancasila di lingkungan kampus. Agar nilai tersebut melekat dalam diri mahasiswa maka pembelajarannya harus disesuaikan dengan perkembangan.

Ngeri, Aplikasi Live Streaming Dikhawatirkan Jadi Konten Pornografi yang Dapat Diakses Pelajar

“Demokrasi sekarang sudah semakin sangat liberal dan sudah melenceng jauh, politik, ekonomi, hukum sudah banyak melenceng dari Pancasila,” kata Rektor UP, Prof. Marsudi Wahyu Kisworo usai penandatanganan kesepahaman (MoU) dengan MPR-RI, Selasa 14 Mei 2024.

Rektor mengingatkan, nilai luhur Pancasila harus dikuatkan dan dihidupkan dalam tiap individu. Sehingga Pancasila menjadi ideologi sama hebatnya dengan liberalisme dan sosialisme. Pancasila sebaiknya tidak sekedar menjadi doktrin saja, tetapi harus melekat dan dapat diimplementasikan.

'Jemput Bola', Nadiem Minta PTN Terima Lagi Mahasiswa Baru yang Mundur Setelah UKT Batal Naik

“Di masa lalu Pancasila hanya menjadi doktrin akibatnya ideologinya Pancasila, namun perilakunya tidak pancasilais, ini yang harus kita ubah,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Plt Sekjen MPR RI Siti Fauziah menambahkan, nilai luhur Pancasila jangan hanya dijadikan hafalan saja. Tetapi nilai luhur Pancasila harus jadi jati diri bangsa.

Solusi Rektor USU Kepada Naffa Zahra Terkait Salah Isi Form UKT

“Anak muda sekarang lebih mengenal media sosial seperti Tiktok, Instagram dan mereka lebih mengenal budaya luar,” katanya.

Ilustrasi anak muda.

Photo :
  • Freepik/freepik

Oleh karenanya, pihaknya berupaya mengenalkan kesenian budaya bangsa sendiri kepada generasi muda. Karena ada nilai-nilai yang hilang yaitu budi pekerti.

“Contohnya kalau dulu kita jalan depan orang tua harus nunduk, kalo sekarang anak-anak memanggil orang tua saja bro, artinya nilai-nilai budaya bangsa sudah bergeser dan kami mau mengembalikan lagi kepada generasi muda supaya lebih menghargai nilai budaya bangsa,” ujarnya,

Dia mengingatkan nilai luhur Pancasila harus tertanam di generasi muda. Sinergi lembaga pendidikan dengan pemerintah harus ditingkatkan.

“Untuk itu nilai-nilai Pancasila yang ada harus ditanamkan di generasi muda melalui kerja sama dengan UP, karena saya percaya UP sangat menjaga dan menerapkan nilai Pancasila ke seluruh mahasiswanya. Semoga kita bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk generasi muda berikutnya,” pungkasnya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya