Orang Tua Mahasiswa IPB: Saya Bisa Ajukan Keringanan Biaya Kuliah

IPB University
Sumber :
  • X: ipbofficial

Bogor – Sebagian Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tanah Air mengeluhkan kebijakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Lantas bagaimana komentar orang tua? Begini penuturan orang tua yang menguliahkan anaknya di PTN berlokasi di Bogor, IPB University.

Salah seorang orang tua dari mahasiswa IPB mengungkapkan komentarnya selama menguliahkan anaknya di IPB. Ayah dari Mahasiswi Pertanian bernama Seighina Nur Apriani itu mengaku kampus anaknya meringankan orang tua.

"Sekolah di IPB meringankan UKT nya, waktu itu 7 juta dan saya mengajukan keringanan bayar Rp 4 juta, karena saya pekerja lepas dan apalagi sejak covid biayanya turun. Jadi itu saja yang kami bayar ke IPB setiap semester, anak saya semester 7," ujar Heru Yustanto diwawancarai VIVA, Rabu 15 Mei 2024.

Menurut Heru, biaya terasa mahal jika dengan kost dan biaya sehari-hari. Namun karena rumahnya di Bogor, biaya itu sedikit lebih ringan. Bahkan, sanak saudaranya yang berkuliah di IPB ikut tinggal di rumahnya.

"IPB yang saya dengar 50 persen mahasiswanya ada beasiawa, makanya mungkin enggak semahal kampus lain. Dan anaknya kakak saya orang tuanya buruh sudah tidak kerja,  UKT-nya itu dua setengah juta apa tiga juta gitu. Kan UKT dilihat dari pendapatan orang tua," ungkapnya. 

Prank Berbahaya, Mahasiswa Kedokteran di Semarang Diamankan Polisi dan Terancam Penjara 6 Tahun
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Beri Kuliah Umum ke Mahasiswa Fakultas Hukum Unja

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Fakultas Hukum Unja

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto Paparkan Tugas dan Fungsi DPRD ke Puluhan Mahasiswa Fakultas Hukum Unja

img_title
VIVA.co.id
5 Juni 2024