5 Tim Kuda Hitam Ini Siap Mengejutkan di Piala Eropa

Striker Kroasia, Nikola Kalinic (kiri) bobol gawang San Marino
Sumber :
  • http://www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Piala Eropa 2016 akan segera dihelat. Sebanyak 24 tim akan berpartisipasi dalam ajang yang berlangsung di Prancis, 10 Juni-10 Juli 2016.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Beberapa negara masuk kandidat kuat juara. Di antaranya adalah tuan rumah Prancis, Spanyol yang sukses juara dalam 2 Piala Eropa terakhir, dan Jerman yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2014.

Masih ada Italia dan Inggris yang punya pemain kelas dunia. Tak bisa dilupakan pula Belgia yang punya generasi emas dan berstatus peringkat 2 dunia FIFA.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Namun, apapun bisa terjadi di sepakbola. Tim-tim yang semula tak diunggulkan juga bisa keluar sebagai juara. Jangan lupakan dongeng Denmark saat sukses jadi juara Piala Eropa 1992 dan Yunani yang tak diduga menjadi juara pada 2004.

Di Prancis nanti, peluang tim kuda hitam untuk tampil mengejutkan terbuka lebar. Sebab, UEFA membuat kesempatan lolos ke babak 16 besar menjadi lebih mudah. Saat ini, tim yang finis di posisi ketiga grup, masih berpeluang lolos.

Perebutkan 3 Tiket Sisa, Berikut Hasil Drawing Playoff EURO 2024

Setidaknya, ada 5 tim kuda hitam yang berpotensi besar mengejutkan. Berikut seperti dilansir Football Fan Cast:

1. Austria
Austria untuk kali pertama lolos ke Piala Eropa dari babak kualifikasi, setelah lolos otomatis saat menjadi tuan rumah pada 2008. Berbekal hasil nyaris sempurna di kualifikasi, tim besutan Marcel Koller berpekuang besar menciptakan kejutan di Prancis.

Regenerasi Austria dalam dua dekade terakhir tergolong bagus. Saat ini, mereka punya banyak pemain bintang yang bisa tampil bagus.

Di lini belakang, ada  Aleksander Dragovic, Kevin Wimmer, dan Christian Fuchs. Nama terakhir baru saja membawa Leicester City menjuarai Premier League.

Lini penyerang pun tak kalah garang dengan adanya Marko Arnautovic dan Marc Janko. Belum lagi kehadiran bek Bayern Munich, David Alaba di lini tengah.

2. Slovakia
Slovakia hanya berstatus tim debutan di Piala Eropa kali ini. Namun, kekuatan tim besutan Jan Kozak sama sekali tak bisa diremehkan.

Ada banyak pemain berbakat milik Slovakia. Di antaranya bek Liverpool, Martin Skrtel dan gelandang Napoli, Marek Hamsik.

Juara dunia Jerman baru saja menjadi korban keganasan Slovakia. Der Panzer takluk 1-3 di laga persahabatan, 29 Mei 2016 lalu.

3. Polandia
Jika berbicara mengenai Polandia, semua mata akan tertuju pada Robert Lewandowski. Penyerang Bayern Munich ini telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Ketajaman Lewandowski terbukti di babak kualifikasi. Mantan pemain Borussia Dortmund ini mampu mengoleksi 13 gol.

Namun, Polandia bukan hanya Lewandowski. Masih ada pemain lain yang tak kalah berbakat. Sebut saja, Arkadiusz Milik (Ajax Amsterdam), Jakub Blaszczykowski (Fiorentina), dan Grzegorz Krychowiak (Sevilla).

Polandia akan menghadapi tetangga mereka, Jerman di penyisihan grup Piala Eropa nanti, sama seperti di babak kualifikasi. Tentunya pertemuan antara negara ini diharapkan bisa menyajikan pertandingan yang menarik.


4. Islandia
Bagi negara sekecil Islandia yang hanya memiliki 320 ribu penduduk, bisa tampil di Piala Eropa adalah kesuksesan yang luar biasa. Mereka membuktikan bahwa persatuan dan kolektivitas bisa memutarbalikkan prediksi.

Islandia tampil mengejutkan di babak kualifikasi, dengan dua kali mengalahkan Belanda. Tim berjuluk Our Boys ini juga sukses menaklukkan Republik Ceko dan Turki.

Jika bisa mempertahankan kekompakan, bukan tak mungkin Islandia bisa mengejutkan di Prancis nanti. Apalagi jika gelandang andalan, Gylfi Sigurdsson tengah dalam performa terbaik.

5. Kroasia
Dengan diperkuat Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic, dan  Ivan Rakitic, Kroasia bisa dibilang sebagai tim dengan lini tengah paling tangguh di turnamen ini. Belum lagi kehadiran Mario Mandzukic dan Nikola Kalinic di lini depan.

Kroasia baru saja menunjukkan kelasnya, dengan menghajar San Marino 10-0 di laga persahabatan, jelang Piala Eropa. Jika bisa terus mempertahankan performa terbaik, Kroasia bisa memberikan sesuatu di Prancis nanti.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya