Piala Eropa 2016

10 Fakta Menarik Jelang Prancis Vs Rumania

Penyerang Prancis, Olivier Giroud
Sumber :

VIVA.co.id – Piala Eropa 2016 segera dimulai. Di laga perdana, tuan rumah Prancis akan menghadapi Rumania di Stade de France, Jumat 10 Juni 2016 (Sabtu dini hari WIB).

Pelatih Belanda Ingin Manfaatkan Kelemahan Prancis

Sebagai tuan rumah, tentu saja Prancis tak ingin mengecewakan para pendukungnya. Mereka siap merebut 3 poin, agar ambisi menjadi juara bisa terlaksana.

Meskipun demikian, Rumania bukanlah lawan yang bisa diremehkan. Tim berjuluk Tricolorii ini punya potensi menciptakan kejutan.

Pogba Dinilai Masih Kelelahan Usai Piala Eropa

Berikut 10 fakta menarik jelang Prancis vs Rumania, seperti dilansir Opta:

1. Prancis tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir melawan Rumania (menang 5, imbang 5). Namun, 4 dari 5 pertandingan terakhir kedua tim, berakhir dengan skor imbang.

Lawan Prancis, Belanda Tanpa Gelandang Veterannya

2. Kemenangan terakhir Rumania atas Prancis terjadi pada April 1972. Ini terjadi dalam pertandingan persahabatan di Bucharest (Rumania menang 2-0).

3. Ini menjadi laga ketiga Prancis dan Rumania di Piala Eropa, semuanya di babak penyisihan grup. Pada dua pertemuan sebelumnya, hanya menghasilkan satu gol. Prancis menang 1-0 pada 1996. Sedangkan, pertemuan pada 2008 berakhir imbang tanpa gol.

4. Prancis menang 6 kali dan imbang sekali dalam 7 pertandingan di turnamen yang berlangsung di Stade de France (Piala Dunia dan Piala Konfederasi).

5. Prancis untuk kali ke-9 tampil di putaran final Piala Eropa. Les Bleus juara 2 kali, pada 1984 sebagai tuan rumah dan pada 2000. Hanya Jerman dan Spanyol yang punya koleksi trofi lebih banyak dari Prancis (3 kali juara).

6. Prancis gagal mencetak gol dalam 5 pertandingan dari 8 laga terakhir di putaran final Piala Eropa.

7. Rumania belum pernah menang di pertandingan perdana di Piala Eropa (imbang 3, kalah 1).

8. Rumania merupakan tim dengan pertahanan terbaik di kualifikasi Piala Eropa 2016 (hanya kebobolan 2 gol).

9. Didier Deschamps akan melakoni turnamen besar kedua sebagai pelatih Prancis. Sebelumnya, dia membawa Prancis ke perempatfinal Piala Dunia 2014. Deschamps merupakan kapten tim saat Les Bleus terakhir kali juara Piala Eropa, pada 2000.

10. Anghel Iordanescu mendapat kesempatan melatih Rumania untuk keempat kalinya di turnamen besar. Sebelumnya, dia melatih Rumania di Piala Dunia 1994, Piala Eropa 1996, dan Piala Dunia 1998. Pencapaian terbaiknya adalah perempatfinal di Piala Dunia 1994, bersama Gheorge Hagi dan kawan-kawan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya