Bukan Soal Piala, Gelar Juara Prancis Demi Satukan Negara

Suporter Prancis di Champs Elysees, Paris
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau

VIVA.co.id – Kemenangan Prancis atas Portugal di final Piala Eropa 2016 malam nanti bukan hanya penting buat sepakbola, tapi juga untuk meningkatkan moral bangsa, ujar Presiden Prancis, Francois Hollande.

Apa Kata Jokowi dan Hollande soal Xenofobia?

"Saya bukan seorang pemain atau pelatih, dan saya tak pantas mendapatkan pujian terkait sukses tim Prancis," ujar Hollande dalam konfrensi NATO di Warsawa, seperti dilansir Reuters.

"Namun, saya yakin kalau (kemenangan) itu akan memberikan pengaruh positif kepada moral penduduk Prancis. Itu membuat mereka bukan hanya senang, tapi juga bangga pada tim mereka dan negara mereka," lanjutnya.

Jokowi-Hollande Sepakat Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Les Blues akan menghadapi Portugal di Stade de France pada Minggu, 10 Juli 2016 atau Senin dini hari nanti. Kalau menjadi juara, ini akan menjadi gelar keduanya di kancah Eropa. Gelar juara itu tentu akan sangat membantu Prancis yang tengah diterpa berbagai masalah, mulai dari ekonomi sampai keamanan.

"Sebuah kemenangan selalu memberikan sebuah negara perasaan bisa sukses. Bukan hanya di olahraga, tapi juga di ekonomi dan budaya, di dunia internasional, di politik, dan diplomasi. Itu akan memberikan rasa percaya diri ekstra," lanjut Hollande.

Momen Menteri Susi Telat Hadiri Penyambutan Presiden Prancis

Hollande juga tentu berharap kemenangan Prancis bisa mendongkrak popularitasnya di mata publik negaranya, yang terus melorot dalam beberapa waktu terakhir karena berbagai kebijakan yang dibuat.

Presiden Prancis di Jakarta, 29 Maret 2017.

Hollande: Budaya Bisa Jadi Pintu Kerja Sama Antarnegara

Ia mengajak Indonesia kembangkan industri digital, seni, dan fashion.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2017