Sepuluh Merek Batik Terpopuler di Indonesia

Batik.
Sumber :
  • ImageDynamics

VIVA.co.id - Tidak dapat dipungkiri, batik kini adalah salah satu hal yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Walau tidak berbaju batik atau hanya memiliki satu lembar batik yang diragukan asal-muasalnya, apakah buatan Indonesia atau buatan Tiongkok, orang Indonesia sangat bangga jika mendengar batik disebut-sebut apalagi oleh bangsa lain.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Dan cukup gerah jika mendengar negara tetangga menyebut-nyebut batik sebagai kebanggaan mereka pula. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO sebagai organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB telah menetapkan batik Indonesia pada keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan dan budaya yang terkait, sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Inilah yang membuat batik Indonesia tidak bisa diklaim oleh bangsa lainnya. Pada awalnya teknik pewarnaan menggunakan malam sudah dikenal sejak abad ke-4 SM dan menyebar mulai dari benua Afrika hingga Asia.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024