Laga-laga Serie A Dikalahkan Banjir

Kondisi kota Genoa pasca banjir
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVAnews - Kuasa alam tak ada yang bisa melawan, termasuk manusia. Bahkan, bencana alam pun memaksa beberapa pertandingan Liga Italia (Serie A) ditunda.

Inter Milan dipastikan batal bertandang ke markas Genoa di Stadion Luigi Ferraris dalam lanjutan Serie A, Minggu 6 November 2011. Pasalnya, Kota Genoa dilanda banjir setelah diterjang badai, Sabtu 5 November 2011 waktu setempat.

Bencana ini menelan korban jiwa enam orang serta membuat kota lumpuh dengan reruntuhan dan puing yang terbawa air bah. Pemandangan yang tidak lazim terjadi di tengah kota. Puluhan mobil berhimpitan di perempatan jalan.

Mobil-mobil itu juga jadi korban banjir setelah dihanyutkan air bah dari rumah pemilik masing-masing dan berhenti di tengah jalan. Kondisi ini memaksa Walikota Genoa, Marta Vincenzi untuk membatalkan pertandingan Serie A akhir pekan ini, demikian dilansir The World Games. Pertandingan tim junior dan laga persahabatan lain juga dibatalkan sebagai bentuk penghormatan kepada para korban.

Laga lain yang tergolong bigmatch mempertemukan Napoli vs Juventus, Minggu 6 November 2011 waktu setempat, juga ditunda karena banjir yang melanda wilayah Naples, Italia. Keputusan ini diambil setelah adanya pertemuan mendadak antara pemerintah daerah Naples dengan Protezione Civile, badan nasional yang mengurusi sebuah event di Italia.

Dari pertemuan tersebut diambil kesimpulan bahwa keselamatan fans tidak bisa dijamin. Pasalnya, sebagian besar Stadion San Paolo sudah terendam banjir.

Telan Korban

Tak salah jika beberapa laga Serie A ditunda karena banjir telah menelan korban. Banjir akibat badai yang melumpuhkan kota serta menimbulkan timbunan sampah dan puing itu telah memakan korban 6 jiwa.

"Melihat foto-foto dari Genoa sangat menyesakkan hati. Kami jadi merasa dekat dengan masyarakat dan mereka yang menderita saat ini," kata pelatih Inter, Claudio Ranieri seperti dilansir Soccerway.

"Sayangnya, kita melihat hal ini tiap tiga atau empat tahun sekali. Kali ini yang terjadi adalah bencana alam. Saya harap di masa depan ada pelajaran yang bisa diambil untuk mencegah masalah lebih lanjut."

Pelatih Napoli, Walter Mazzarri, mengaku terkejut dengan pembatalan laga antara timnya dengan Juventus. Dia mengaku baru tahu keputusan tersebut saat makan siang.

Pertandingan antara Napoli versus Juventus adalah laga Serie A kedua yang ditunda akahir pekan ini. Sebelumnya, duel antara Genoa dengan Inter Milan sudah lebih dulu dibatalkan karena alasan yang sama yakni bencana banjir serta cuaca buruk.

Keputusan penundaan laga itu sendiri diambil oleh pihak-pihak terkait termasuk pemerintah. Walikota Napoli, Luigi De Magestris, dalam pernyataannya mengatakan bahwa terlalu berisiko untuk mengumpulkan 60.000 orang dalam satu arena dalam kondisi cuaca buruk.

Atas penundaan tersebut, Mazzarri mengaku cukup kecewa. Pasalnya, dia serta segenap anggota tim sudah mempersiapkan diri untuk laga panas di stadion San Paolo tersebut.

"Sangat memalukan karena kami batal tampil. Kami sedang makan siang ketika diberitahu kabar penundaan itu dan semuanya terkejut," ujar Mazzarri.

"Padahal kami sudah sangat siap melangkah ke lapangan dengan konsentrasi penuh dan semangat untuk membuat fans gembira," sambungnya dikutip Football Italia, Senin 7 November 2011.

Meskipun demikian, Mazzarri tetap sadar banyak faktor keselamatan harus menjadi prioritas. "Bagaimanapun, kami tetap sadar bahwa faktor keselamatan harus menjadi prioritas dan kami juga ikut sedih sebab banyak orang yang kehilangan tempat tinggal akibat bancana tersebut," tuturnya.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M
Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Juve masih bertanggung jawab atas kebutuhan Pogba.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016