Sanksi FIFA Masih Hantui PSSI

Demo Pendukung Persipura Jayapura
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews -Sepak bola Indonesia kembali menarik perhatian FIFA. Namun bukan karena prestasi yang diraih melainkan, kisruh yang tak kunjung berhenti. Dualisme kompetisi yang kini melanda sepak bola Indonesia telah memaksa FIFA untuk angkat suara.

Harapan besar digantungkan para pecinta sepak bola tanah air terhadap PSSI pasca Kongres Luar Biasa (KLB) di Solo, Juli 2011. Bergantinya kepengurusan setidaknya menjadi secercah harapan untuk menuju iklim sepak bola yang lebih baik lagi.

Namun belum genap lima bulan, kepengurusan PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin justru banyak menuai kritikan dari anggota-anggota PSSI.

Salah satu persoalan yang sedang mengemuka adalah dualisme kompetisi. Seperti diketahui, saat ini sedang bergulir dua liga kasta tertinggi. Pertama adalah Indonesian Premier League (IPL) yang dikelola PT Liga Prima Sportindo (LPIS) bentukan PSSI. Sedangkan satu lagi adalah Liga Super Indonesia (ISL) yang dikelola PT Liga Indonesia atas rekomendasi klub anggota.

PSSI tentu saja hanya mengakui IPL sebagai kompetisi resmi. Sedangkan ISL yang telah tiga musim berjalan (2008-2011) dianggap sebagai kompetisi ilegal yang berada di luar PSSI.

Dualisme kompetisi ini akhirnya sampai juga ke telinga FIFA. Induk olahraga sepak bola dunia itu telah mengutus delegasinya bersama AFC untuk bertemu dengan wakil PSSI di Tokyo, Jepang, pada 15 Desember 2011. Ketiganya bertemu untuk membahas dualisme kompetisi yang saat ini sedang berjalan di Indonesia.

Lantas apa hasilnya? Lewat email yang diterima VIVAnews, Kamis, 22 Desember 2011, Media Department FIFA pun menjelaskannya. FIFA mengingatkan PSSI agar mematuhi statuta FIFA (pasal 10 dan 13) tentang kompetisi. FIFA mengingatkan, peran PSSI adalah mengatur dan mengawasi semua kompetisi di tingkat nasional dan mengontrol asosiasi sepak bola di wilayah negaranya

Lebih jauh lagi, FIFA bahkan memberikan batas waktu bagi penyelesaian dualisme ini hingga 20 Maret 2012 mendatang.

"Jika situasi ini tidak selesai hingga 20 Maret 2012, FIFA akan melaporkan kasus PSSI kepada Komite Asosiasi FIFA untuk segera diperiksa dan kemungkinan sanksi," tulis FIFA dalam emailnya.

Pada pertemuan itu, FIFA juga mengingatkan PSSI mengenai pasal 18:1 yang menyebutkan bahwa liga atau apa pun yang berafiliasi dengan anggota FIFA harus berada di bawah dan diakui oleh anggota yang bersangkutan. "ISL sudah tidak lagi berada di bawah dan diakui oleh PSSI. Tindakan ini telah membahayakan kemampuan PSSI dalam mematuhi statuta FIFA. Dengan demikian, penting bagi PSSI mengambil langkah yang tepat agar klub ISL itu kembali berada di bawah kendali PSSI," ujar FIFA.

Meski demikian, FIFA berharap agar PSSI dan klub peserta ISL bisa menemukan solusi damai dalam menyelesaikan dualisme kompetisi ini. "Namun, jika ini tidak mungkin, PSSI harus mengambil tindakan tepat untuk menjamin bahwa semua kegiatan sepak bola tetap berada di bawah kendalinya," tulis FIFA.

Kepada PSSI, FIFA bersama AFC juga berkirim email. Isinya tak jauh beda dengan email yang diterima VIVAnews, Kamis siang. Bedanya, surat tertanggal 21 Desember 2011 ini ditandatangani oleh Sekjen FIFA, Jerome Valcke dan Sekjen AFC, Alex Soosay dan dibagi dalam 6 poin.

Menanggapi surat yang dilayangkan FIFA bersama AFC, CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengingatkan PSSI. Menurutnya PSSI harus bisa menerjemahkan dengan benar isi surat FIFA yang menyoal dualisme penyelenggaraan liga di Indonesia. Joko juga berpesan, demi mendapatkan solusi terbaik bagi sepakbola nasional, PSSI seharusnya tidak menerjemahkan isi surat tersebut berdasarkan persepsi mereka sendiri.

"Dalam surat itu sangat jelas harus cari solusi terbaik. Itu harus bisa diterjemahkan dengan benar oleh PSSI. Kita tunggu saja. Surat ini tidak sekedar untuk melakukan apa yang menurut persepsi PSSI," ujar Joko saat dihubungi VIVAnews.

"Saya cuma ingin tahu apakah PSSI dapat menindaklanjuti surat itu dengan baik. Dalam surat itu sangat jelas harus cari solusi terbaik. Kalau itu tidak bisa dilakukan dengan baik, saya kira klub-klub juga mempunyai pendirian. Kita lihat saja respon klub seperti apa," sambung Joko.

Sebenarnya ini bukanlah kali pertama FIFA mengancam akan menjatuhkan sanksi bagi PSSI akibat dualisme kompetisi. Pada kepengurusan sebelumnya, FIFA juga berlaku sama saat mengetahui muncul liga tandingan yang digagas pengusaha Arifin Panigoro.

Liga tersebut diberi nama Liga Primer Indonesia (IPL). Liga yang diikuti 18 klub tersebut juga dianggap sebagai breakaway league oleh FIFA. Sedangkan ISL yang saat ini dianggap PSSI ilegal justru menjadi liga resmi yang juga diakui oleh FIFA.

Berbeda dengan ISL, LPI mayoritas dihuni oleh tim-tim yang bukan anggota PSSI. Dari 18 tim yang tampil, hanya tiga yang berstatus anggota PSSI, yakni Persibo, PSM, dan Persema Malang. Persema dan Persibo belakangan dicoret dari keanggotaan PSSI lewat Kongres Tahunan PSSI di Bali, awal Januari 2011.

Sikap FIFA terhadap kehadiran LPI juga sama. Saat berkunjung ke Timor Leste, 15 Maret lalu, Presiden FIFA, Joseph Sepp Blatter dengan tegas meminta PSSI menyelesaikan dualisme kompetisi. Blatter memberi batas waktu hingga 30 April sesuai dengan batas akhir penyelenggaraan Kongres PSSI yang diminta oleh FIFA.

"Komisi Pemilihan harus melaksanakan pemilihan sebelum 30 April. Dan juga, jika PSSI tidak mampu menyelesaikan masalah breakway league itu, kasus itu akan dibawa lagi ke Komite Eksekutif FIFA dan kemungkinan akan diberikan sanksi," katanya.

"Jika sampai 30 April, mereka (PSSI) tidak melaksanakan kongres maka kasus ini akan dibawa kembali ke Komite Eksekutif FIFA. Jika tidak ada penyelesaian juga, maka Komite Eksekutif FIFA tidak memiliki alternatif lain selain menghukum federasi (PSSI). Saya berharap kami tidak harus menjatuhkan sanksi, tetapi mereka harus melaksanakan tugas-tugas mereka."

PSSI gagal memenuhi instruksi ini. Pasalnya, kongres yang digelar pada 26 Maret 2011 di Pekanbaru, Riau berakhir ricuh. Tidak ada keputusan yang sempat diambil dalam rapat tersebut.

Pada 1 April 2011, FIFA akhirnya membentuk Komite Normalisasi di bawah pimpinan Agum Gumelar. Komite ini mengambil alih tugas komite eksekutif PSSI di bawah pimpinan Nurdin Halid. Dalam situs resminya FIFA PSSI tidak bisa lagi mengendalikan persepakbolaan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kegagalan untuk mengendalikan run-away league (Liga Primer Indonesia) yang berjalan tanpa keterlibatan PSSI, dan juga dengan ketidakmampuan PSSI menggelar kongres untuk menetapkan tata tertib pemilihan (electoral code) dan memilih Komite Pemilihan.

FIFA kembali memberikan batas waktu untuk menyelesaikan masalah ini hingga 21 Mei 2011. Namun Kongres yang digagas oleh KN di Hotel Sultan, Jakarta sehari sebelum deadline justru menemui jalan buntu. Agum sebagai pimpinan sidang terpaksa menghentikan rapat karena hujan intrupsi yang tak kunjung berhenti.

Meski demikian, FIFA masih memberikan kesempatan bagi KN untuk menggelar Kongres Luar Biasa dengan aggenda memilih anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015. Acara ini sukses digelar di Solo, 9 Juli 2011. Lewat kongres ini terpilih ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin dan Wakil Ketua Farid Rahman.

PSSI di bawah kendali Djohar akhirnya resmi menghentikan LPI pada 12 Agustus 2011. Saat itu, usia LPI baru setengah musim. "Sudah dipastikan tidak ada lagi LPI dan klubnya akan segera bergabung dengan klub di bendera PSSI," kata Djohar saat itu.

Timbul Masalah Baru
PSSI kemudian membekukan PT Liga Indonesia sebagai pengelola liga profesional. Selanjutnya PSSI membentuk perusahaan pengganti, yakni PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Beragam format kompetisi sempat diwacanakan oleh PSSI. Namun lewat rapat komite eksekutif, 30 September lalu, PSSI akhirnya menetapkan jumlah tim yang berlaga di kompetisi level tertinggi sebanyak 24 tim. Sebanyak 18 tim berasal dari tim ISL musim lalu dan sisanya adalah tim yang ditunjuk langsung oleh PSSI.

Bukannya makin baik, kebijakan ini justru membawa kompetisi nasional kembali mengalami dualisme seperti musim lalu. Sebagian klub yang menentang kebijakan PSSI memilih berlaga di luar liga resmi PSSI, Indonesian Premier League (IPL).

Keputusan PSSI menambah 6 tim mendapat protes dari banyak pihak. Tak hanya klub peserta yang keberatan, nada protes juga datang dari sebagian anggota komite eksekutif PSSI sendiri. Bahkan pengurus-pengurus klub yang awalnya mendukung Djohar dalam pemilihan kini berbalik menentang 'sang profesor'.

Pada managers meeting yang digelar, Kamis, 13 Oktober 2011, klub peserta justru terpecah. Sebagian menilai kebijakan PSSI yang memaksakan kompetisi dengan 24 tim telah menyalahi statuta PSSI dan amanah Kongres Tahunan PSSI di Bali, Januari lalu.

Mereka juga menolak kehadiran PT LPIS sebagai pengelola liga baru. Mereka juga menolak pembagian saham versi PSSI di mana klub hanya kebagian 70 persen dan sisanya menjadi milik PSSI. Selanjutnya klub-klub ini meminta PT Liga Indonesia untuk kembali menggulirkan Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12.

Klub yang menentang kebijakan PSSI tergabung dalam kelompok 14. Mereka mengeluarkan 4 poin kesepakatan di mana salah satunya adalah tetap konsisten melanjutkan ISL yang dikelola PT LI sesuai amanat dan ketetapan Kongres PSSI di Bali, Januari 2011.

Sebaliknya, PSSI tetap pada keputusannya menggelar Indonesian Premier League (IPL). Kompetisi ini kini hanya diikuti oleh 12 tim, yakni Semen Padang, Persija 1928, Arema, Persiraja, PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, Persiba Bantul, Persebaya, Persijap Jepara, Bontang FC, Persema Malang, dan PSMS Medan.

ISL sendiri diikuti oleh 18 tim. Masing-masing adalah Persisam Samarinda, Sriwijaya FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Persipura Jayapura, PSPS Pekanbaru, Persegres, Persiwa Wamena, PSMS Medan, Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, Pelita Jaya, Persidafon Dafonsoro, PSAP Sigli, Arema, dan Persiram.

"Sebenarnya solusinya mudah, jika sejak awal PSSI memanggil kami. Klub harusnya dipanggil dan ditanya apa alasannya enggan ke IPL sehingga kami dapat menjelaskan alasan kami. Tidak perlu main ancam. Ini malah menebar ancaman," kata Agus Santoso, asisten manajer Persiwa Wamena, Kamis, 22 Desember 2011.  

Agus memaparkan, keputusannya ini didasari kekecewaan atas sikap PSSI yang enggan membuka pintu dialog terhadap tuntutan sejumlah peserta ISL yang merupakan anggota PSSI. Di antaranya adalah mengenai penambahan 6 klub yang promosi secara gratis ke Indonesia Premier League (IPL). "Pernyataan Djohar Arifin (Ketum PSSI) di media yang mengatakan selalu membuka upaya rekonsiliasi itu omong kosong. Tidak pernah ada itu," paparnya.

PSSI sendiri sudah menjatuhkan sanksi bagi 11 klub yang tampil di ISL. Persiwa merupakan satu di antaranya. Klub-klub ini dijatuhi sanksi degradasi ke Divisi Utama dan diwajibkan membayar denda sebensar antara Rp500 juta hingga Rp1 Miliar.

Dualisme kompetisi kini sudah merembet hingga ke rencana menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Sebanyak 452 anggota PSSI dari klub dan Pengurus Provinsi (Pengprov) telah menggelar rapat akbar membahas wacana ini untuk mengakhiri kisruh yang melanda sepak bola nasional. Para peserta sepakat untuk menggulirkan KLB karena menganggap banyak keputusan dari PSSI di bawah rezim Djohar yang telah melanggar statuta PSSI dan amanah Kongres PSSI yang digelar di Bali, Januari lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016