Bale Cemerlang, Spurs Goyang Duo Manchester

Gareth Bale
Sumber :
  • Tags: SPORT SOCCER

VIVAnews - Tottenham Hotspur sukses meraih kemenangan 2-0 atas Norwich City dalam Boxing Day, Selasa, 27 Desember 2011. Dua gol kemenangan Spurs diborong oleh winger Gareth Bale. Kemenangan ini menjadi penting karena membuat Hotspur terus membayangi duo Manchester, Manchester United dan Manchester City yang memuncaki klasemen Premier League.

Skuad asuhan Harry Redknap saat ini kokoh duduk di posisi ketiga dengan raihan 38 poin. Selisih 7 poin dari duo Manchester. Spurs berpeluang memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen karena masih memiliki satu laga tersisa. Dibanding klub London lainnya seperti Chelsea dan Arsenal, Spurs memiliki peluang besar untuk menggoyang dominasi duo Manchester di puncak klasemen.

Kesuksesan Spurs musim ini tidak terlepas dari aksi gemilang yang dipertontonkan salah satu pemain andalannya, Gareth Bale. Pasalnya bukan kali ini saja Bale menjadi pahlawan buat kemenangan timnya. Pujian pun mengalir kepada pemain yang kerap beroperasi di sisi kiri lapangan ini.

Manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp mengungkapkan jika anak buahnya itu memang dikenal 'licin' dan sulit dihentikan barisan pertahanan lawan. "Ketika Bale mengambil bola, berbalik dan berlari menuju anda, dia tidak akan dapat dihentikan," ujar Redknapp.

Pujian juga datang dari bek Manchester City, Joleon Lescott yang notabene saingan Spurs di Premier League. "Jika anda tanya kepada gelandang-gelandang kami (ManCity), siapa pemain yang paling mereka inginkan untuk berduet, mereka pasti menjawab Gareth Bale. Karena memang dibutuhkan pemain seperti Bale untuk penyeimbang dalam bertahan dan menyerang," ujar Lescott tanpa ragu.

Tidak hanya di klub, Bale pun menjadi sosok vital di timnas Wales. Manajer timnas Inggris pun, Fabio Capello bahkan tidak sungkan mengakui jika Bale menjadi sosok yang paling ia waspadai kala skuad Three Lions menghadapi Wales. "Bale benar-benar pemain penting buat Wales. Penampilannya sangat bagus, dia banyak berlari dan sangat cepat. Saat menerima bola dan menyerang, ia dapat membuka ruang dan juga sangat sulit dihentikan," Capello.

Hal yang sama juga disampaikan striker jangkung Inggris yang juga rekan Bale di Spurs, Peter Crouch. mantan pemain Liverpool tersebut menyesalkan kenyataan bahwa Bale bukan pemain berkewarganegaraan Inggris. "Gareth adalah pemain kelas dunia. Dia punya teknik fantastis dan mampu menguasai bola dengan bagus. Dia juga punya kecepatan dan energi yang membuat 'mati' lawan. Hal yang paling mengecewakan adalah fakta bahwa Bale warga Wales (bukan Inggris)," sesal Crouch.

Yah, pemain bernama lengkap Gareth Frank Bale adalah warga negara Wales. Lahir di Cardiff, Wales pada 16 Juli 1989, Bale memulai karier di Southampton pada tahun 2006. Selama semusim, Bale bermain di 40 laga Southampton dan menyumbangkan 5 gol. Sejak 2006, Bale juga telah masuk timnas Senior Wales, di usianya yang saat ini baru menginjak 22 tahun, Bale telah mengkoleksi 33 caps membela Wales dengan menyumbang 6 gol.

Tottenham Hotspur yang melihat bakatnya, langsung memboyong Bale ke White Hart Lane pada musim 2007. Hingga saat ini, pemain yang kerap berposisi sebagai bek kiri ataupun winger kiri tersebut telah 92 kali membela Spurs dengan koleksi 17 gol.

Perannya yang krusial dalam permainan Spurs membuat sejumlah klub elit eropa sejak setahun terakhir terus menggodanya untuk hengkang dari Spurs. Tahu pemainnya dibidik klub-klub lain, Redknapp langsung menegaskan dirinya tidak berminat untuk menjual Bale. "Hanya Barcelona, ??ManCity atau Real Madrid yang mungkin mampu membelinya. Tapi sebenarnya dia tidak dijual. Presiden klub telah mengatakan ia tidak untuk dijual," tegas Redknapp.

Sementara itu, Bale tampak merendah mengomentari minat sejumlah klub besar terhadap dirinya. Bale menegaskan masih nyaman bermain bersama Spurs. "Selalu menarik dihubungkan dengan klub besar seperti Barcelona. Tapi saya menikmati sepakbola di Spurs dan saya tidak ingin terlalu memikirkan apa yang ditulis media mengenai ketertarikan klub lain," ujar Bale.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016