Piala Super Eropa 2012

Ajang Pembuktian Jawara Eropa Sesungguhnya

Kiper Chelsea, Petr Cech, usai menjuarai Liga Champions 2012
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVAbola – Chelsea akan menghadapi Atletico Madrid di laga Piala Super Eropa, Jumat 31 Agustus 2012 (Sabtu dinihari WIB).  Pertandingan ini akan menjadi laga sarat gengsi dan menjadi pembuktian bagi kedua klub, siapa diantara mereka yang pantas diberi label ‘jawara Eropa’.

Jelang duel ini, Chelsea berbekal kepercayaan diri tinggi bekat tiga kemenangan beruntun yang mereka peroleh di Premier League. Alhasil saat ini mereka sukses memuncaki klasemen sementara. Manajer The Blues, Roberto Di Matteo pun mengungkapkan keseriusannya jelang laga bergengsi ini.

“Kami sangat senang bisa bermain di Piala Super Eropa dengan membawa tiga kemenangan dari liga domestik. Semua pemain sudah siap dan semoga saja kami bisa kembali mendapatkan trofi bergengsi di dataran Eropa,” kata Di Matteo kepada Daily Mail.

“Saya akan menganggap ini hal yang serius. Ini tentunya bukan pertandingan persahabatan. Kami sangat ingin memenangi trofi ini saya tidak akan mengistirahatkan pemain inti saya.”

Meski begitu, Di Matteo harus kehilangan kapten John Terry yang masih terkena hukuman larangan bermain karena mendapatkan kartu merah di laga semi final Liga Champions. Terry juga tidak bermain di final Liga Champions di Munich bulan Mei lalu.

Aroma Baru Atletico Madrid


Chelsea terakhir kali berhadapan dengan wakil Spanyol itu di Liga Champions musim 2009-10. Tiga tahun silam, Chelsea bergabung bersama Atletico di babak penyisihan grup D. Sayang, langkah Atletico harus terhenti di fase grup setelah menduduki peringkat tiga.

Dari dua pertemuan dengan Atletico, The Blues mengemas kemenangan besar 4-0 di leg pertama dan bermain imbang 2-2 di pertemuan kedua. Tapi catatan itu tidak membuat Petr Cech memandang sebelah mata kekuatan Atletico. Kiper Chelsea itu merasa, Atletico tetap tim berbahaya.

Meski di atas kertas Chelsea unggul atas Atletico, buat Cech hasil tersebut sudah tidak relevan. Sebab semenjak Diego Simeone memegang tongkat kepelatihan, Atletico menjelma menjadi tim yang memiliki 'aroma berbeda' dan pantas diperhitungkan.

Kiper asal Republik Ceko itu menilai, kekutan Los Colchoneros terletak pada kedisiplinan. "Sejak kedatangan Simeone, gaya permainan mereka berubah. Sehingga tidak akan mudah mengalahkan mereka. Dengan pertahanan yang solid. Sangat sulit melancarkan serangan tekanan balik," ucap Cech memetakan kekuatan Atletico.
 
"Perubahan gaya permainan ini membuat Atletico lebih berbahaya dibanding saat terakhir kali kami berhadapan dengan mereka di Liga Champions musim 2009-10 lalu. Mereka juga tipikal tim Spanyol yang selalu berusaha menguasai bola. Itu yang membuat mereka nyaman," dia menambahkan.

Duel Falcao Vs Duet Hazard-Torres

Di laga ini juga menjadi pertaruhan dua bintang, Radamel Falcao dan Eden Hazard. Nama pertama sedang on fire pasca memborong tiga gol pada kemenangan 4-0 Atletico Madrid atas Athletic Bilbao di La Liga akhir pekan lalu. Dan Radamel Falcao sekarang siap memberondong gawang Chelsea di laga nanti.

"Kemenangan lalu adalah dorongan yang bagus. Tim ini dalam kondisi senang dan bagus. Kemenangan ini membuat kami semakin percaya diri melawan Chelsea dan akan mencoba untuk memenangkan Piala Super Jumat ini," tegas pemain berusia 26 tahun itu.

Kapten Atletico Madrid, Gabi pun menaruh harapan besar kepada rekannya itu bisa kembali menunjukkan naluri 'membunuh' di hadapan Chelsea. Falcao memang sangat tajam dalam tiga musim terakhir. Pemain asal Kolombia itu sanggup menciptakan 111 gol dalam 137 pertandingan bersama Porto dan Atletico.

"Chelsea mungkin memiliki nama yang lebih besar dari kami. Tapi, Atletico telah mendapatkan rasa hormat dari seluruh Eropa, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Di atas semua itu, kami punya penyerang terbaik di dunia, Radamel Falcao. Dia sangat mematikan di kotak penalti," ucap Gabi.

"Dia sudah menunjukkan mampu menaklukkan jenis pertandingan seperti ini. Ia bermain sangat baik pada dua final Liga Europa terakhir. Dia bisa dibilang memenangi pertandingan itu sendirian. Tapi kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu dia melakukannya," ucap pemain 29 tahun tersebut.

Sementara itu, di kubu Chelse tidak kalah mengkilap. Rekrutan baru mereka, Eden langsung padu tampil bersama The Blues. Bahkan pemain 21 tahun ini tampil impresif dan menonjol bersama Chelsea di Premier League. Ia mencetak satu gol dan enam assist serta membawa Chelsea menyapu bersih kemenangan di tiga laga awal.

Atas sumbangsih Hazard tersebut, The Blues pun memimpin klasemen sementara Premier League. Meski begitu, Hazard tak menganggap dirinya sebagai bintang. Ia justru siap menjadi pelayan bagi rekan-rekan setimnya. "Saya di sini bukan untuk menjadi bintang sendirian, apalagi untuk pamer kemampuan," kata Hazard.

"Saya bermain untuk rekan-rekan setim. Secara personal, saya hanya ingin tampil semaksimal mungkin di setiap laga. Saya akan habis-habisan di lapangan demi membayar kepercayaan pelatih," tuturnya," lanjutnya.

Dan tidak bisa dilupakan jika peforma striker Chelsea, Fernando Torres tengah meningkat awal musim ini. "Jelas ini cerita yang berbeda dengan ketika dia pertama bergabung dengan klub, dan Anda bisa lihat perbedaannya," ujar Cech.

"Anda bisa lihat dia menikmati pertandingan, menikmati permainan, dia sedang percaya diri. Jika Anda mencetak tiga gol dari empat pertandingan, sebagai striker, itu sangat penting," katanya.

Kembalinya ketajaman Torres tidak lepas dari permainan apik Eden Hazard. Cech menilai Hazard memudahkan rekan-rekan timnya mencetak gol. "Dia membantu tim di pertandingan yang ketat. Dia bisa melewati lawan dengan mudah dan menciptakan peluang untuk pemain lainnya," papar Cech.

Ajang Unjuk Kebolehan Dua Kiper Beda Generasi

Duel seru juga bakal terjadi di bawah mistar kedua tim. Bagi Petr Cech, laga ini pertama kalinya ia akan adu kebolehan dengan kiper Atletico Madrid, Thibaut Courtois. Hal ini terbilang unik karena Courtois yang saat ini berstatus pemain pinjaman dari Chelsea sering disebut-sebut sebagai penerus Cech di masa depan.

“Ketika Anda mengetahui ada kiper penerus untuk Anda di masa depan, alangkah baiknya jika kami mengetahui permainannya. Selalu menarik melihat kiper lain bermain, jika saya ada kesempatan untuk melihatnya bermain di Atletico, saya pasti akan melakukannya,” ujar Cech dilansir Daily Mail.

Courtois tampil menawan di musim pertamanya bersama Atletico. Ia turut membantu Atletico menjuarai Liga Europa.

“Dia salah satu talenta muda terbaik di Eropa untuk saat ini. Karena itu klub rela membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Pengalaman bermain di Atletico selama dua musim tentunya akan membantu kariernya di Chelsea kelak,” ujar Cech.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea
Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016