Ke Mana David Villa Akan Pindah

David Villa
Sumber :
  • dawn.com

VIVAbola - Striker veteran Barcelona David Villa terus dikabarkan bakal meninggalkan Camp Nou pada bursa transfer musim panas mendatang. Isu ini sendiri sudah merebak sejak dirinya kerap tidak masuk pola permainan manajer Tito Villanova pasca mengalami cedera pada akhir 2011 lalu.

Dengan usianya yang baru menginjak 31 tahun, mantan striker Valencia itu sebenarnya masih memiliki peran penting bagi Barca. Namun secara perlahan posisinya mulai tergeser dengan kehadiran para pemain muda Barca yang terus berkembang dan masuk skuad utama.

Vilanova sempat meredam isu tersebut dengan mengatakan tidak akan melepas David Villa. "David tidak akan pergi kemana-mana, kami sangat senang bersama dia. Memang butuh waktu lama untuk pemulihan. Tapi kami paham bagaimana pentingnya dia bagi tim," kata Tito.

Tapi rumor Villa bakal hengkang dari Barca kembali mencuat dalam beberapa hari terakhir menyusul laporan dari Football Espana yang mengatakan bahwa Villa telah melakukan pertemuan empat mata dengan Vilanova dan meminta izin pindah.

Rumor ketidakbetahan Villa di Barcelona membuat sejumlah klub elit Eropa mulai berburu untuk mendapatkan tandatangan striker internasional Spanyol tersebut. Villa dipercaya masih memiliki kualitas mumpuni untuk mengisi lini depan.

Villa Masuk Radar Dua Klub Kaya Inggris, City dan Chelsea
Pada awal Januari lalu, dikabarkan jika dia diminati klub kaya Inggris, Chelsea. Awalnya The Blues akan mencoba memboyong pemain 31 tahun tersebut dengan status pinjaman selama enam bulan. Tapi jika opsi itu ditolak, maka mereka akan langsung mengajukan tawaran transfer permanen.

Dilaporkan Express.co.uk, dana £15 juta atau setara Rp234 miliar telah disiapkan The Blues untuk membayar kompensasi kepindahan Villa dari Camp Nou pada Januari 2013 nanti. Villa diyakini bakal betah jika jadi pindah ke Stamford Bridge.

Alasannya, di sana dia akan disambut sejumlah kompatriotnya yakni pelatih Rafael Benitez, Fernando Torres, Juan Mata dan Cesar Azpilicueta. Sedangkan bagi Chelsea, kehadiran Villa akan mempertajam lini depan The Blues.

Selain Chelsea, Manchester City juga dilaporkan berminat untuk mendatangkan Villa. Meski sudah memiliki skuad bertabur bintang, ManCity ternyata masih berambisi menambah kekuatan di lini depannya.

Dilansir Daily Mail, Villa menjadi opsi The Citizens bila sang pelatih Roberto Mancini tidak memproyeksikan lagi Sergio Aguero di tim utama. Maklum, hingga memasuki paruh kedua musim 2012-13, bomber asal Argentina itu baru bisa mencetak 5 gol dari 10 laga.

Keberhasilan Villa mengantarkan Barcelona meraih Liga Champions musim 2010-11 membuat ManCity tertarik merekrut mantan pemain Valencia itu. Diharapkan, pengalaman Villa bisa memuluskan misi ManCity meraih gelar Liga Champions musim depan.

Spekulasi yang berkembang, ManCity siap menggelontorkan dana tidak kurang £ 40 juta sampai 50 juta Euro. Harga itu dirasa pantas untuk memboyong pemain yang mengantarkan Spanyol juara dunia 2010. Terlebih, Villa tercatat sebagai pemain produktif di level timnas. Dia telah menyumbangkan 53 gol dalam 85 laga bersama La Furia Roja.

Sementara itu, seperti dilansir Bleacher Reports, ada lima klub elit lain yang juga kemungkinan bisa menjadi klub Villa di musim depan. Berikut ini 5 klub tersebut:

1. Barcelona
Melihat usianya yang tidak lagi muda, opsi bertahan bisa menjadi opsi tepat bagi Villa musim depan. Dia masih bisa membuktikan diri sebagai striker berbahaya dengan ditopang sejumlah gelandang kelas dunia. Sehingga tidak ada alasan Villa memilih tidak melanjutkan karier di Camp Nou.

2. Arsenal
Metro melansir jika Arsenal membatalkan rencana mereka untuk mendapatkan tandatangan Villa pada bursa transfer Januari ini. Namun, situasi bisa berubah pada musim panas mendatang. Pasalnya The Gunners membutuhkan kehadiran striker berpengalaman usai ditinggalkan Robin van Persie.

Winger muda Arsenal Theo Walcott mulai menunjukkan bakat untuk diplot menjadi striker tengah. Dan Arsenal berharap kehadiran Villa sebagai striker berpengalaman bisa membantu mengembangkan kemampuan Walcott sebagai bomber maut di kotak penalti lawan.

3. Liverpool

Manajer Liverpool Brendan Rodgers pernah dilaporkan pernah meminta manajemen The Reds untuk mendatangkan sejumlah pemain berpengalaman. Dan sosok David Villa dianggap bisa sebagai pembelian berharga bagi Liverpool.

Kapasitasnya sebagai striker kelas dunia bisa membantu menutupi kelemahan Liverpool selama ini. Seperti diketahui, Steven Gerrard dan kawan-kawan dikenal kurang klinis di depan gawang lawan. Di Liverpool, Villa akan diduetkan dengan Luis Suarez. 

4. Fiorentina

Memang tidak ada rumor resmi yang menungkapkan ketertarikan La Viola dengan Villa. Tapi rencana kehadiran striker baru Giuseppe Rossi ke Firenze membuat nama Fiorentina masuk daftar sebagai pelabuhan baru Villa. Menyusul rencana hengkang Stevan Jovetic.

Pelatih Fiorentina Vincenzo Montela berharap bisa memadukan striker muda dan striker berpengalaman di lini depan Fiorentina. Sosok Villa dianggap sebagai sosok ideal untuk mendampingi Rossi berduet di lini depan La Viola.

5. Bayern Munich
David Villa menjadi penandatanganan terbaik bagi pelatih baru Bayern Munich Pep Guardiola di musim panas nanti. Kehadiran Villa diharapkan bisa membantu Guardiola dalam membentuk gaya permainan baru di Munich.

Seperti diketahui, keduanya pernah bekerjasama saat membela Barcelona. Dan Guardiola pula lah yang mendatangkan Villa ke Camp Nou dari Valencia di musim panas 2010.

Layak disimak, keputusan apa yang akan diambil Villa demi kembali mengangkat pamornya yang mulai menurun. (sj)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016