Reuni Ronaldo dan Rivalitas Mou Vs Fergie

Alex Ferguson dan Ronaldo
Sumber :
  • images.teamtalk.com

VIVAbola - The Real Bigmatch! Hal itu pantas menjadi titel pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Real Madrid melawan Manchester United.

Reuni Cristiano Ronaldo dan rivalitas dua pelatih papan atas, Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho, menjadi dua cerita paling penting pada pertandingan di Santiago Bernabeu, Rabu 13 Februari 2013 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Untuk kali pertama sejak meninggalkan Old Trafford pada 2009, Ronaldo akan bertemu mantan klub yang meroketkan kariernya, Manchester United. CR7 akan menghadapi Sir Alex Ferguson, manajer yang menjadikannya Pemain Terbaik Dunia 2008.

"Ferguson mengajari saya bagaimana berkembang dengan baik dalam dunia sepakbola. Dia seperti ayah bagi saya. Dia tahu bagaimana membuat pemain bahagia dan bagaimana membuat pemain termotivasi," ujar Ronaldo seperti dilansir Tribal Football.

Meski akan menjadi lawan MU, fans The Red Devils diyakini tetap akan memberi sambutan fantastis untuk Ronaldo. Bek MU, Rio Ferdinand, menilai Ronaldo berhasil merebut hati fans selama enam tahun di Old Trafford.

"Para fans MU masih menghormatinya. Sejak masih di sini hingga dia pergi, fans selalu menyanyikan namanya. Dia datang ke sini sebagai seorang anak muda dan pergi sebagai pemain kelas dunia. Ia selalu menunjukkan sikap hormat, baik saat masih di sini atau tidak," ucap Ferdinand seperti dilansir situs UEFA.

Psy War Mourinho Vs Fergie


Laga Madrid melawan MU tidak lepas dari pertarungan dua pelatih terbaik di dunia saat ini, Mourinho dan Ferguson. Rivalitas keduanya terjadi sejak Mourinho berhasil membawa FC Porto mengalahkan Manchester United pada babak 16 besar Liga Champions 2003/2004.

Persaingan Mourinho dengan Ferguson semakin memanas setelah The Special One menerima pinangan Chelsea pada 2004. Hingga 2007, konflik Mourinho dengan Ferguson terus terjadi.

Meski sering melemparkan kritikan ketika sama-sama melatih di Premier League, Ferguson tetap menganggap Mourinho sebagai sahabatnya. Namun, ada satu pelajaran penting yang didapat Sir Alex jika menghadapi Mourinho, yakni tidak melayani psy war pelatih asal Portugal ttersebut.

"Saya pikir Jose suka melakukan permainan, dia menikmatinya. Saran saya untuk saya sendiri adalah tidak masuk ke jalan itu, tidak menentangnya, karena dia sangat pintar dengan hal ini. Jadi saya biarkan Jose terus bicara. Selama dia membawakan saya sebotol anggur yang enak, saya akan melepaskannya," ujar Ferguson kepada BBC Football Focus.

Ferguson ternyata paham betul karakter Mourinho. Terbukti, mantan pelatih Inter Milan itu mengeluarkan peringatan untuk Ferguson jelang pertandingan dini hari nanti.

"Tentu saja saya ingin menang dan dia juga ingin menang. Tapi, saya yakin siapapun yang kalah hanya akan memiliki sedikit ruang untuk merasa tidak bahagia karena persahabatan ini. Namun, jangan buat kesalahan, karena saya sangat ingin menang," papar Mourinho.

Fakta Menarik


Dari 14 pertemuan, Mourinho hanya menelan dua kekalahan ketika menghadapi Ferguson. Kemenangan terkenal Mourinho adalah ketika mengantarkan FC Porto menyingkirkan Manchester United pada babak 16 besar Liga Champions 2003/2004.

Los Blancos meraih delapan kemenangan dari sembilan pertandingan kandang terakhir di Liga Champions. Sedangkan MU hanya mampu meraih dua kemenangan dari 20 lawatan ke tanah Spanyol. Sedangkan di Bernabeu, MU tidak pernah menang (2 kalah, 2 imbang).

Rekor Madrid jika menjamu tim asal Inggris adalah 6 kemenangan, 4 imbang dan 2 kalah. Tim Inggris terakhir yang mampu mengalahkan Madrid di Bernabeu adalah Liverpool (1-0), pada babak 16 besar Liga Champions 2008/2009.

Laga Madrid melawan MU dini hari nanti juga menjanjikan banyak gol. Dari delapan pertemuan kedua klub di pentas Eropa, sudah tercipta 31 gol atau rata-rata 3,9 per pertandingan.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 10 tahun lalu, April 2003. Ketika itu Madrid berhasil menyingkirkan MU di babak perempat final. Madrid menang 3-1 di kandang, dan menyerah 3-4 di Old Trafford.

Matikan Ronaldo!


Mourinho diklaim sudah menentukan starting eleven yang akan diturunkan melawan MU. Ke-11 pemain itu adalah Diego Lopez, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Pepe, Fabio Coentrao, Xabi Alonso, Sami Khedira, Angel Di MarĂ­a, Mesut Oezil, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Fokus pemain tengah dan belakang MU dipastikan tertuju ke Ronaldo. Sebagaimana dilansir The Mirror, Ferguson sudah menunjuk Phil Jones untuk membantu bek kanan Rafael, yang akan dibuat sibuk dengan aksi Ronaldo di sisi kanan pertahanan Iblis Merah.

Gelandang MU, Michael Carrick, menilai akan sangat sulit untuk menghentikan pergerakan Ronaldo. Carrick menilai setidaknya dibutuhkan tiga pemain untuk mematikan pergerakan CR7.

"Apa yang dia (Ronaldo) lakukan di Madrid sangat luar biasa dan dia harus dihentikan. Saya rasa kami butuh tiga orang untuk menjaga dia," kata Carrick dilansir The Sun.

Shakhtar Vs Dortmund


Pertandingan lain di matchday 2 babak 16 besar Liga Champions akan mempertemukan Shakhtar Donetsk melawan Borussia Dortmund di Donbass Arena. Ini adalah pertemuan kedua tim setelah sebelumnya bertemu pada babak ketiga kualifikasi Liga Champions 2001/2002.

Ketika itu Dortmund menang agregat 5-1. Dortmund meraih kemenangan tandang 2-0 atas wakil Ukraina tersebut. Dua gol Dortmund dicetak oleh Lars Ricken dan Sunday Oliseh.

Tapi, Shakhtar lawan yang jauh lebih tangguh saat ini. Tim besutan Mircea Lucescu tersebut sedang mengincar kemenangan ketiga dari empat laga kandang di Liga Champions musim ini. Dortmund tak kalah hebatnya di laga tandang musim ini.

Dari tiga laga tandang di Grup D, Dortmund berhasil meraih satu kemenangan (Ajax 4-1). Dua laga tandang lainnya berakhir imbang di markas Manchester City dan Real Madrid. (sj)

Baca juga:

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Cara MU Jinakkan Ronaldo

Head to Head Madrid Vs MU

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Parade WAGS Madrid vs MU

Update Rencana Mitra Kukar Datangkan Shevchenko

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Hujan Hattrick di Liga Inggris

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016