Bara Persaingan 'Pichichi' Ikut Kobarkan Persaingan La Liga

Striker Barcelona, Lionel Messi, dan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • Zimbio
VIVA.co.id
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
- Lapangan hijau Spanyol begitu membara memasuki bulan Maret ini. Tidak hanya "percikan" persaingan yang terjadi di puncak klasemen Primera Division, tapi papan klasemen
pichichi
Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
(topscorer) juga begitu ketat.
Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Dua bintang daratan Negeri Matador, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, saat ini sama-sama sedang tancap gas dalam urusan mencetak gol. Keduanya pun saling sikut di puncak topscorer.

Memasuki pekan ke-26 La Liga, Ronaldo dan Messi saat ini berada dalam posisi yang sama yaitu total 30 gol di kompetisi La Liga. Kebangkitan La Pulga -julukan Messi- pada 2015 ini membuat dirinya kini sejajar dengan CR7 yang sempat berlari kencang sendirian.

Ronaldo tampil luar biasa sepanjang paruh pertama musim 2014-15 bersama Real Madrid. 25 gol, atau sekitar 50 persen gol
Los Blancos
selama paruh musim, berhasil dicatatkannya sampai bulan Desember 2014 kemarin.


Pria asal Portugal itu pun berlari sendirian di papan
pichichi
, meninggalkan Messi yang masih kesulitan tampil prima tahun kemarin. Namun, performa Ronaldo belakangan tengah melorot tajam memasuki tahun baru.


Ronaldo Seret, Messi Mulai Lancar


Ronaldo baru mencetak gol dalam empat laga La Liga pada tahun 2015 ini, dengan total lima gol. Performa ini berbanding 180 derajat dengan meningkatnya penampilan Messi di tahun ini.


Setelah sempat hanya mencetak 15 gol di delapan laga paruh pertama musim, bintang Barcelona itu lalu sukses mencetak 15 gol di tahun 2015 ini. Messi berhasil mencetak gol dalam delapan laga dari 10 laga Barcelona di tahun baru ini.


Konstannya permainan pria Argentina tersebut membuat dirinya berhasil mengejar ketinggalan golnya dari milik Ronaldo. Apalagi, sang rival saat ini masih belum bisa menemukan kembali performa terbaiknya.


Messi berpeluang untuk menyalip Ronaldo di
pichichi
pada akhir pekan ini ketika Barcelona bertandang ke markas Eibar pada hari Minggu mendatang, 15 Maret 2015. Status promosi Eibar membuat peluang lebih besar.


Namun, gawang bukan sesuatu yang ramah buat Messi. Pada pertemuan pertama Barcelona melawan Eibar bulan Oktober silam, Messi gagal mencetak gol padahal bermain di Camp Nou. Meski begitu, Messi bisa mencetak gol karena kombinasinya makin padu dengan Neymar dan Luis Suarez.


Tapi, Ronaldo juga mulai menemukan kembali ketajamannya dengan mencetak dua gol dalam tiga laga terakhir Madrid di La Liga. Selain itu, sang pemain terbaik dunia mencetak dua gol pada leg kedua 16 besar Liga Champions kontra Schalke 04 tengah pekan kemarin.


Apalagi lawan yang akan dihadapi Madrid adalah Levante, yang notabene salah satu gawang favorit Ronaldo, selalu mencetak gol dalam enam laga terakhir dengan total gol sampai sembilan buah.


Melihat statistik, tidak membingungkan kalau gesekan di papan pichichi akan kembali terjadi akhir pekan ini. Kedua bomber ini memang diharapkan kembali tajam sebelum Barca bentrok dengan Madrid pekan depan.


El Clasico Disajikan Ketajaman Messi dan Ronaldo?


Memang pertarungan antara dua raksasa Spanyol ini sudah di depan mata. Barca akan menjamu pasukan ibukota Spanyol di Camp Nou pada 23 Maret 2015 atau pekan mendatang.


Seperti biasa,
El Clasico
selalu menarik untuk dinantikan karena kerap memberikan benturan dan panasnya tensi di atas lapangan. Namun, kali ini akan ada bumbu lain yaitu persaingan di papan klasemen.


Kedigdayaan Madrid sejak pekan ke-10 La Liga akhirnya runtuh di pekan ke-26 setelah Barcelona sukses mengambil alih tampuk tertinggi klasemen dari tangan sang rival. Kekalahan Madrid di markas Athletic Bilbao sukses dimanfaatkan Barca lewat pesta gol atas Rayo Vallecano.


Tiga poin itu membuat kini Barcelona mengumpulkan 62 poin, unggul satu poin saja dari total angka milik Madrid. Melihat lawan akhir pekan ini, keunggulan Blaugrana kemungkinan bisa bertahan.


Tapi, semua bisa berubah di
El Clasico
nanti. Siapa saja yang meraih kemenangan bisa menatap sisa musim dengan lebih lega, baik bagi kubu Madrid maupun Barcelona. Pasalnya, keuntungan dua poin bisa mereka kantungi.


Bagi Madrid, kalau sampai menang peluang mereka untuk meraih gelar juara lebih besar. Pasalnya,
El Real
menghadapi relatif yang lebih ringan di 12 laga sisa dengan lawan yang berat hanya Malaga, Sevilla, Valencia, dan Getafe.


Tiga poin lebih dibutuhkan Barcelona, yang lawan-lawannya relatif lebih sulit sampai akhir musim nanti. Tim asuhan Luis Enrique itu masih akan menghadapi Sevilla, Valencia, Espanyol, Getafe, Atletico Madrid, danĀ  Depotivo La Coruna di laga pamungkas akhir Mei 2015 mendatang.


Persaingan dalam gelar juara La Liga bisa ditentukan pada
El Clasico
nanti, sosok Ronaldo dan Messi pun bisa menjadi penentu lewat gol-golnya yang bisa jadi pembeda. Panasnya La Liga akan semakin menyulut semangat kedua bintang untuk terus menambah koleksi golnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya