Argentina Vs Paraguay: Semifinal Rasa Final di Copa America

Pemain Paraguay merayakan kemenangan atas Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Andres Stapff
VIVA.co.id -
Langkah Timnas Argentina di Olimpiade Rio 2016 Terhenti
Semifinal Copa America 2015 akan menyajikan satu partai yang cukup menarik, yakni Argentina kontra Paraguay di Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo. Duel yang akan berlangsung pada Rabu 1 Juli 2015 tersebut bak final kepagian.

Argentina Terhindar dari Angkat Koper di Olimpiade 2016

Tanpa mengenyampingkan Chile dan Peru, duel tersebut memang adalah yang paling dinantikan. Di mana, Argentina dan Uruguay belum mengalami kekalahan sama sekali sejak mengawali kompetisi di fase grup.
Neymar Dukung Messi Balik ke Timnas Argentina


Dua tim tersebut tergabung dalam grup yang sama di babak penyisihan grup, yakni Grup B. Argentina berhasil keluar sebagai juara grup usai mengalahkan Jamaika dan Uruguay, dan bermain imbang 2-2 Paraguay.

Pada babak perempatfinal, Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil mengunci tiket semifinal dengan menumbangkan Kolombia lewat drama adu penalti yang berkesudahan 5-4. Sedangkan Paraguay secara mengejutkan mampu menyingkirkan Brasil di perempatfinal.

Catatan mengkilap ini membuat kubu Paraguay dalam keadaan percaya diri jelang hadapi Argentina. Pelatih Paraguay, Ramon Diaz, meyakini timnya mampu mencapai babak final dengan mengalahkan Argentina lebih dulu.


"Pemain, direktur, dan semua sangat gembira. Ini sangat penting buat kami, langkah luar biasa untuk terus mempercayakan projek ini," ujar pelatih Paraguay, Ramon Diaz, seperti dilansir dari situs resmi Copa America.


"Kami sudah melawan Argentina, Uruguay, lalu Brasil dan tak ada yang bisa mengalahkan kami. Anda harus menunjukan rasa hormat pada tim ini. Para pemain telah menunjukan ke fans apa yang mampu mereka lakukan," lanjut dia.


Sementara itu, nada optimistis juga keluar dari Messi. "Sudah siap menghadapi semifinal. Kami akan memberikan segalanya untuk menang. #Messi15" tulis striker andalan Argentina ini di akun Facebook miliknya.


Waspadai Kebangkitan La Albiceleste

Kapten Timnas Paraguay, Roque Santa Cruz, meyakini jika Argentian akan bangkit dalam laga nanti. Eks bomber Bayern Munich dan Manchester City ini merasa jika pertemuan dengan Argentina kali ini akan sangat berbeda dengan pertemuan di fase grup.


Cruz melihat jika Argentina sudah mengalami peningkatan pasca pertemuan pertama. Meski begitu, dia memastikan timnya tidak akan tampil menyerah dalam menghadapi deretan pemain Argentina yang banyak berlabel bintang.


“Ini akan lebih rumit dari pertandingan fase grup. Selama turnamen ini berlangsung, Argentina sudah mengalami kemajuan," ujar Santa Cruz dilansir situs resmi Copa America 2015.


"Kami akan melakukannya lagi. Jadi, kami berharap kami akan menjadi lawan tangguh dan mencapai final lagi. Kali ini kami pantas untuk lolos lebih dari tahun 2011. Kami memainkan pertandingan yang bagus dan tidak pantas kalah. Seorang Paraguay tidak akan pernah menyerah" tambahnya.


Sedangkan bek Paraguay, Pablo Aguilar menilai timnya tak difavoritkan dalam laga ini. Meski begitu, dia tetap yakin timnya bisa membuat banyak pihak kembali terkejut dengan meraih tiket ke final.


Dalam laga nanti, Aguilar memastikan  bila timnya akan bermain dengan terus menyerang sejak awal tapi tak melupakan pertahanan. Mereka akan melakukan hal sama seperti saat mengalahkan Brasil di perempatfinal.


"Tak ada yang membicarakan kami, padahal kami telah mencapai tujuan kami, yakni semifinal. Kami fokus menghadapi lawan selanjutnya. Melawan Argentina kami akan memainkan sepakbola menyerang dan seimbang, seperti yang kami lakukan melawan Brasil," katanya.


Akhiri Puasa Gelar

Argentina dan Paraguay sama-sama memiliki misi untuk mengakhiri puasa gelar mereka di ajang Copa America. Akan tetapi, hanya ada satu tim yang bisa menyelesaikan misi tersebut dengan awal melaju ke partai puncak.


Andai lolos babak final dan keluar sebagai juara, maka mereka sukses menuntaskan penantian selama 36 tahun lamanya. Terakhir kali Paraguay juara terjadi pada 1979, dengan mengalahkan Chile di babak final.


Paraguay tercatat sudah merasakan gelar juara sebanyak dua kali, yakni pada 1953 dan 1979. Pada 2011, Paraguay hanya mampu tampil sebagai runner-up setelah dikalahkan Uruguay dengan skor telak 3-0 di final.


Sedangkan Argentina, menjadi tim kedua yang paling banyak menjuarai Copa America dengan 14 gelar. Terakhir kali mereka merasakan gelar juara pada 1993, dengan mengalahkan Meksiko lewat skor 2-1.


Pada 2004 dan 2007, tim berjuluk La Albiceleste ini harus puas meraih gelar runner up saja. Argentina gagal mengangkat trofi usai dikalahkan oleh lawan yang sama dan kali ini berhasil disingkirkan Paraguay, yaitu Brasil.


Head to Head Argentina vs Paraguay

2009 Paraguay 1-0 Argentina

2011 Argentina 4-2 Paraguay

2012 Argentina 3-1 Paraguay

2013 Paraguay 2-5 Argentina

2015 Argentina 2-2 Paraguay


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya