Misi Chelsea di Balik Pergerakan Pasif dalam Berburu Pemain

Manajer Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Tony O'Brien

VIVA.co.id - Pergerakan Chelsea di bursa transfer musim panas 2015 tak terlalu aktif. Sejauh ini, belum banyak pemain yang didatangkan oleh The Blues.

Tercatat, Chelsea baru mendatangkan tiga pemain top. Mereka adalah Asmir Begovic, Nathan, dan Radamel Falcao.

Diprediksi, bakal ada pemain baru lagi yang datang ke Chelsea di bursa transfer musim panas 2015. Beberapa nama masuk dalam daftar incaran Chelsea. Sebut saja Joao Moutinho, Paul Pogba, Charles Aranguiz, John Stones, Isco, hingga Nicolas Otamendi.

Meski banyak yang diincar, manajer Chelsea, Jose Mourinho, mengaku tak mau terlalu aktif dan ngotot dalam mendekati incarannya. Sikap ini diambil lantaran Mourinho tak mau merusak keseimbangan yang sudah tercipta di dalam klub.

The Special One hanya ingin membeli pemain yang sangat dibutuhkannya. Dan pemain bertahan menjadi prioritas utama Mourinho saat ini.

"Saya memang lebih fokus mencari pemain bertahan demi menyeimbangkan skuad. Setelah itu, kami bisa bicara banyak apa yang akan terjadi dengan pemain yang ada," kata Mourinho seperti dilansir situs resmi klub.

Selain lebih selektif, Mourinho juga menerapkan kebijakan baru di bursa transfer kali ini. Jika ada satu pemain yang keluar, maka Mourinho bakal mendatangkan seorang penggawa anyar.

"Jika satu pemain ingin pergi atau kami setuju melepasnya, kami harus memberikan jawaban yang cepat. Saat ini kami harus menemukan keseimbangan dan kualitas jumlah pemain. Dan kami tak bisa kehilangannya," tutur Mourinho.

Mengandalkan pilar musim lalu, menurut Mourinho, bukanlah masalah besar. Pria asal Portugal tersebut mengaku tak khawatir sama sekali dengan pergerakan para rival yang membeli banyak pemain di bursa transfer musim ini.

Mourinho yakin kemampuan pilar-pilar lamanya macam Eden Hazard, Diego Costa, Nemanja Matic, hingga Thibaut Courtois, bisa lebih berkembang.

"Ini adalah resiko yang harus kami terima, klub lain berinvestasi banyak dengan membeli banyak pemain. Mereka pasti akan berkembang dengan pemain baru. Tapi, bagi kami cuma satu caranya untuk berkembang, mengandalkan pilar musim lalu," terang Mourinho.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

*Ke halaman berikutnya


Berencana Pecat 3 Pemain

Mourinho juga memiliki skema lain demi menyeimbangkan skuadnya di musim ini. Dia berniat untuk melego tiga pemainnya di bursa transfer kali ini.

Tiga pemain yang masuk dalam daftar jual Mourinho adalah Juan Cuadrado, Mohammed Salah, dan Filipe Luis.

Cuadrado dan Luis memang gagal bersinar di Chelsea. Luis mengaku sulit beradaptasi dengan gaya main di Inggris yang terlalu cepat. Kemungkinan besar, dia akan kembali ke Atletico Madrid.

Hal yang sama juga dialami Cuadrado. Winger Kolombia tersebut juga sempat merasa kesulitan berkomunikasi dengan rekan setimnya. Ya, Cuadrado diketahui tak terlalu fasih berbahasa Inggris. Inter Milan disebut-sebut akan menjadi labuhan karir barunya.

Untuk Salah, Chelsea sudah rela melepasnya. Memang sempat ada polemik dalam transfer Salah. Namun, diketahui polemik tersebut mulai bisa diatasi. Fiorentina atau Inter Milan bisa menjadi labuhan karir baru Salah. Mantan pemain FC Basel tersebut pun sudah teruji kemampuannya di Serie A.

Ada alasan kuat mengapa Mourinho berniat menjual ketiganya. Mourinho menilai ketiganya sulit bersaing demi mendapatkan tempat di tim utama Chelsea. Selain itu, jumlah pemain di posisi masing-masing sudah sangat menumpuk.

"Saya melihat masa depan Salah di mana saja. Entah dipinjamkan atau dibeli permanen, saya akan menerimanya. Kami punya lima pemain di posisi yang sama. Tak bagus jika terlalu banyak pemain di posisi yang sama," jelas Mourinho seperti dikutip Telegraph.

"Jika Atletico mau Luis kembali, mereka harus membayarnya dengan pantas. Kemudian, baru bisa digelar negosiasi," sambungnya.

Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun

*Ke halaman berikutnya



PR Baru

Tentunya akan ada pekerjaan rumah baru yang diterima Mourinho akibat kebijakannya di bursa transfer musim panas 2015 ini. Pemilihan pemain untuk tim reguler serta formasi apa yang bakal dipakai Chelsea di musim depan tentu menjadi hal yang menarik untuk ditunggu.

Merunut pada pernyataan Mourinho bahwa pilar lama akan menjadi andalan, kemungkinan besar pasukan The Roman Emperor bakal mengusung formasi lama, 4-2-3-1. Dengan demikian, persaingan yang paling sengit akan terjadi di posisi penyerang.

Saat ini ada tiga bomber top yang menghuni skuad Chelsea. Sebut saja Diego Costa, Loic Remy, dan Radamel Falcao. Mereka bakal saling sikut demi mendapatkan satu tempat di tim reguler.

Kesempatan Costa dan Remy dalam memperebutkan tempat di tim utama lebih besar. Pasalnya, kedua pemain ini tampil begitu mengesankan sepanjang musim lalu.

Sedangkan, Falcao tampaknya harus bekerja lebih keras demi bisa menyaingi dua kompatriotnya tersebut. Penampilan Falcao di musim lalu bersama Manchester United memang sangat mengecewakan.

Banyak juga yang menilai sebenarnya Chelsea telah melakukan blunder dengan mendatangkan El Tigre. Namun, Mourinho tak risau dengan anggapan tersebut.

Sebaliknya, dia justru yakin Falcao bisa kembali bersinar dan membuat persaingan di lini depan Chelsea menjadi lebih ketat serta kompetitif. Menurut Mourinho, Falcao bisa tampil beringas di musim depan karena ingin mematahkan

"Itu motivasinya (untuk membuktikan orang salah). Ketika Anda bukan pemain papan atas, Anda tak pernah merasa frustasi. Ketika Anda pemain papan atas, Anda harus hidup dengan ini semua dalam karir Anda dan harus beradaptasi dengan itu," ujar Mourinho seperti dikutip Sportsmole.

"Kami merasakan rasa frustasinya.Dia tak bahagia bahwa orang Inggris berpikir dia tak bagus dan motivasinya ada di situ," sambungnya.

Persaingan ketat lainnya ada di posisi penjaga gawang. Begovic didatangkan Mourinho untuk menggantikan posisi dari Petr Cech.

Beberapa kalangan menganggap Begovic telah mengambil keputusan bodoh karena mau pindah ke Chelsea. Mereka memprediksi, Begovic hanya akan menjadi pemanas bangku cadangan karena Mourinho akan memilih Courtois sebagai kiper utama.

Tapi, Mourinho punya pandangan lain. Saat ini, dia belum menentukan siapa yang akan jadi kiper utama Chelsea di musim depan. Dan baginya, peluang Begovic menjadi kiper utama Chelsea cukup besar.

"Tantangan yang besar bagi Begovic karena bersaing dengan Courtois. Tapi, saya mau menggantikan Cech dengan kiper yang sangat bagus. Kami sekarang punya dua dari lima kiper terbaik di Premier League. Yang punya banyak clean sheets punya peluang besar bermain," ujar Mourinho.

Terkait lini belakang dan tengah, Mourinho tampaknya tak akan melakukan perubahan. Pemain-pemain mewah macam Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpilicueta, dan Branislav Ivanovic, kemungkinan masih menjadi pilar di garis pertahanan.

Untuk lini tengah, Mourinho juga diprediksi masih mengandalkan Nemanja Matic, Oscar, Willian, Eden Hazard, dan Cesc Fabregas. Kedatangan Nathan tak akan memusingkan Mourinho. Sebagai pemain baru, pemuda 19 tahun tersebut kemungkinan hanya akan menjadi pelapis dari Oscar.

Jadi, apakah kebijakan Mourinho di bursa transfer musim panas ini bisa berbuah untung atau justru buntung? Patut dinantikan bagaimana wajah dari sang juara bertahan di musim depan.

Dikalahkan Fenerbahce, Mourinho Kecewa dengan Permainan MU
Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016