Duel Sengit Dua Penguasa Kota Manchester

Manchester United vs Manchester City di Pertandingan Premier League
Sumber :
  • REUTERSJason Cairnduff
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Jutaan mata akan tertuju pada laga bertajuk Derby Manchester akhir pekan ini. Rivalitas dua raksasa Inggris asal kota Manchester, Manchester United dan Manchester City, akan menyajikan duel sengit. Setan Merah akan menjamu rivalnya di Old Trafford, Minggu 25 Oktober 2015.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Persaingan kedua tim asal kota Manchester ini memang kembali memanas, terutama dalam waktu 5 musim terakhir. MU yang punya sejarah hebat di kancah sepakbola Inggris dan Eropa, tak membuat gentar
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?
The Citizens yang punya kekuatan finansial.

Musim ini, kedua tim ini sama-sama dijagokan untuk bisa merebut gelar Liga Inggris dari genggaman Chelsea. Seperti yang diketahui, The Blues kini tertinggal jauh dari duo Manchester.

Di pertemuan terakhir musim lalu, MU sukses menggasak
The Noisy Neighboors
dengan skor 4-2. Namun, jika melihat 10 pertemuan terakhir, pasukan Manuel Pellegrini masih dominan dibanding Wayne Rooney
cs
.


City berhasil meraih 6 kemenangan dan hanya 4 kali kalah. Tak hanya itu, Old Trafford yang dianggap angker bagi tim lawan nyatanya tak terlalu berpengaruh buat City. Dalam 10 pertemuan terakhir, City sukses 3 kali mempermalukan MU di rumahnya sendiri.


Satu yang tak bisa terlupa adalah kala City membantai MU di Old Trafford 1-6, di musim 2011/2012 lalu.


Bulan Berat Tuan Rumah


Kedatangan City ke Old Trafford akhir pekan ini, jadi salah satu ujian berat bagi armada Louis van Gaal di bulan Oktober.


Bagaimana tidak, melihat jadwal di ajang domestik, MU berhadapan dengan 3 lawan kuat bulan ini. Dihantam Arsenal 0-3 di Emrates dan menang 3-0 atas Everton pekan lalu. Kini, Memphis Depay dan kawan-kawan ditantang untuk bisa meraih hasil positif lainnya di bulan Oktober.


Tak hanya itu, MU juga hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra CSKA Moscow di ajang Liga Champions. Dalam laga tersebut, MU yang mendominasi permainan, harus ketinggalan lebih dulu akibat tindakan ceroboh Anthony Martial. Beruntung, Martial mampu menebus kesalahannya dan menyelamatkan MU dari kekalahan.


Meski demikian, MU tetap punya peluang besar untuk bisa memenangkan laga ini. Apalagi di pertemuan terakhir MU mampu menang dengan skor yang cukup telak. Ditambah absennya dua pilar utama City, David Silva dan Sergio Aguero.


Waspadai Kevin De Bruyne


Tak hanya Van Gaal dan Pellegrini yang sudah melontarkan perang urat syaraf jelang laga nanti. Bintang baru
The Sky Blues
, Kevin De Bruyne, juga ikut berkomentar.


Laga ini akan jadi laga derby perdana bagi pemain 24 tahun ini, usai didatangkan City dari VfL Wolfsburg, di akhir bursa transfer awal musim ini.


"Sebuah derby adalah sesuatu yang sangat istimewa. Akan ada banyak suasana dan harapan tinggi untuk kedua tim. Semua akan sama di mana pun, saya pernah bermain di dalamnya, baik di Belgia dan Jerman," kata De Bruyne dikutip
The Guardian
.


De Bruyne memang jadi pemain yang harus diwaspadai Chris Smalling cs di barisan pertahanan MU. 5 gol mampu dicetaknya dalam 9 penampilan di semua ajang awal musim ini.


Meski tak menganggap remeh calon lawannya, De Bruyne seakan memberi sinyal jika ia akan jadi malapetaka bagi Setan Merah. Eks pemain Chelsea ini seakan tahu jika ia akan dijaga ketat oleh barisan pertahanan MU.


"Jika mereka menempatkan dua orang pada saya, berarti akan ada pemain lain yang memiliki ruang. Saya pikir kami tim hebat, akan sangat sulit menempatkan dua orang pada satu pemain," tutur De Bruyne.


"Jika mereka melakukan itu, orang lain akan bebas untuk menciptakan peluang," katanya.


Ketajaman Martial dan Cedera Aguero


Meskipun memiliki senjata baru dalam diri De Bruyne, namun City jelas mengalami kerugian akibat cedera yang dialami Aguero.


Bagaimana tidak, bomber Argentina ini senantiasa tahu bagaimana cara membobol gawang David De Gea. Dari 5 pertemuan terakhir, Aguero sukses 6 kali membobol gawang De Gea.


Di laga nanti, Aguero dipastikan tak bisa bermain usai mendapatkan cedera hamstring saat membela Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018.


Sebaliknya, MU kini punya sosok penyerang tajam dalam diri Anthony Martial. Sempat diragukan lantaran usia muda dan harga mahalnya, Martial justru mampu menjawab banyak keraguan.


Martial sudah mampu mencetak 5 gol dari penampilannya di semua ajang sejauh ini. Di laga terakhir di Liga Champions, ia juga jadi juru selamat MU dari kekalahan atas CSKA Moscow.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya