Slaven Bilic, Rocker Kroasia Penakluk Kota London

Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Salah satu tim yang menunjukkan performa impresif di Liga Inggris musim ini adalah West Ham United. Bagaimana tidak, The Hammers kini berada di papan atas klasemen, dan disebut sebagai Tim Pembunuh Raksasa.

Hingga pekan ke-10 Liga Inggris, West Ham berada di posisi ke-4 klasemen sementara, hanya terpaut 2 poin daro Manchester City di puncak klasemen. Tak hanya itu, Mark Noble cs mampu menaklukan 4 tim raksasa, Arsenal, Liverpool, Manchester City, dan Chelsea.

Ada sosok dibalik tangguhnya penampilan West Ham musim ini. Ya, dia adalah pelatih asal Kroasia, Slaven Bilic. Kedatangannya awal musim ini ke tim yang berbasis di kota London, menyuntikkan energi positif ke dalam permainan West Ham.

Bilic kembali ke Upton Park untuk menggantikan posisi Sam Allardyce, yang memilih hijrah ke Sunderland setelah kontraknya tak diperbarui. Sebelumnya, Bilic juga pernah membela West Ham semasa masih menjadi pemain, tahun 1996 hingga 1997.

Hasilnya, Bilic sukses mendatangkan kemenangan di laga perdana musim ini. Diluar dugaan, West Ham mampu mempermalukan Arsenal di markasnya sendiri, Emirates Stadium.

Strategi kolektivitas dan pertahanan tangguh diterapkan Bilic. West Ham pun mampu membantai Liverpool 0-3 di Anfield pada pekan ke-4. Dua pekan kemudian, giliran Manchester City yang dipermalukan West Ham 1-2 di Etihad Stadium.

Raksasa terakhir yang dihantam West Ham adalah Chelsea. Pasukan Jose Mourinho berhasil ditaklukan Bilic dan pasukannya 2-1 akhir pekan kemarin.

Gagalkan Misi Inggris Tembus Piala Eropa

Karier Bilic sebagai pelatih dimulai saat menangani tim yang pernah membesarkan namanya, Hadjuk Split, tahun 2001 hingga 2002. Kemudian, kariernya berlanjut bersama Timnas Kroasia U-21 mulai tahun 2002 hingga 2004.

Setelah dianggap berhasil menangani pemain muda Kroasia, ia pun didapuk menjadi pelatih kepala Timnas Kroasia di tahun 2006. Bilic diplot menggantikan pelatih sebelumnya, Zlatko Kranjcar, pasca kegagalan Kroasia di Piala Dunia 2006.

Setelah ditangani Bilic, Kroasia yang pernah menempati posisi 3 Piala Dunia 1998, kembali menunjukkan performa impresif.

Di bawah komando Bilic, Kroasia mampu menembus putaran final Piala Eropa 2008. Tak hanya itu, Kroasia mampu dua kali mengalahkan tim kuat, Inggris, di babak kualifikasi. Kroasia juga adalah tim yang menggagalkan mimpi Inggris menembus putaran final Piala Eropa 2008.

Meski gagal menembus Piala Dunia 2010, posisi Bilic tetap dipertahankan. Selanjutnya, Bilic kembali berhasil membawa Kroasia masuk ke putaran final Piala Eropa 2012. Sayang, Kroasia harus pulang lebih awal lantaran hanya menempati posisi ketiga fase grup, di bawah Spanyol dan Italia.

Usai gelaran Piala Eropa 2012, Bilic pun memilih mundur dari jabatannya. Ia pun hijrah bersama tim asal Rusia, Lokomitiv Moscow. Hanya semusim di Moscow, Bilic kemudian melanjutkan petualangannya ke Turki bersama Besiktas tahun 2012.

Setelah dua musim menukangi Besiktas, Bilic akhirnya kembali ke West Ham, setelah 8 tahun pergi. Tuah kembalinya Bilic pun bisa dirasakan publik London Timur musim ini.

Gitaris Handal Band Rock dan Pengacara

Selain dikenal sebagai sosok pemain belakang tangguh dan pelatih bertangan dingin, Bilic juga sangat menggilai musik Rock.

Singkirkan West Ham, MU ke Semifinal Piala FA

Image result for slaven bilic rockstar

Iron Maiden, band bergenre metal asal Inggris adalah salah satu yang diidolai Bilic. Dilansir BBC, saat masih menukangi Besiktas, Bilic pernah mengatakan jika energi yang dimiliki timnya sama seperti Iron Maiden.

"Tim saya punya energi yang sama dengan Iron Maiden," kata Bilic kala itu.

Selain berposisi sebagai pemain belakang dan pelatih, Bilic juga ternyata berposisi sebagai gitaris. Ia tergabung dalam sebuah band rock asal Kroasia bernama Rawbau.

Usai membuyarkan mimpi Inggris ke Piala Eropa 2008, Bilic bersama Rawbau masuk ke dapur rekaman. Ia menciptakan sebuah lagu berjudul 'Fiery Madness' (Kegilaan yang berapi-api), khusus untuk Timnas Kroasia yang berhasil lolos ke ajang tersebut.

Kemampuan yang dimiliki Bilic tak sampai di situ. Ia juga fasih berbicara 3 bahasa asing, Jerman, Italia, dan Inggris. Selain itu, Bilic juga ternyata punya gelar sarjana di bidang hukum. 

Pertandingan uji coba pramusim antara West Ham United kontra Juventus

Juventus Tumbangkan West Ham di Olympic Stadium

Lima bintang anyar Juventus ikut tampil dalam laga ini.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016