Estafet Nomor 'Keramat' Barcelona Berjalan Sempurna

Sumber :
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Dalam satu dekade ini publik Camp Nou bak tak pernah kehilangan sosok yang bisa mencuri hati mereka, sekaligus memberikan jejeran trofi juara. Tongkat estafet pemilik nomor 10 Barcelona berjalan dengan mulus.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
Sejak nomor 10 di punggung kostum Blaugrana jadi milik Ronaldinho pada musim 2003-04, Barcelona berhasil merebut sukses besar baik di kompetisi lokal maupun level Eropa.

4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Ronaldinho saat itu berhasil memikat perhatian dunia dengan kecepatan, skill individu, dan yang pasti senyumannya. Bola seperti permainan mudah karena mampu bergerak sesuai keinginan bintang asal Brasil tersebut.

Total 145 pertandingan dicatatkan Ronaldinho bersama Barcelona dengan catatan dua buah trofi La Liga dan sebuah trofi Liga Champions. Dua trofi Pemain Terbaik Dunia jadi bukti betapa masyurnya nama Ronaldinho di belantika sepakbola saat itu.

Satu dekade berselang, nama Ronaldinho sudah tak ada di atas nomor 10 kostum Barcelona dan berganti menjadi milik Lionel Messi. Bintang baru yang diberikan tongkat estafet menggunakan nomor kebesaran sebuah tim.

Kepercayaan itu tak disia-siakan oleh Messi. Sekarang, pria Argentina ini jadi salah satu nama paling populer di dunia. Gocekan naturalnya dan gol demi gol yang lahir dari kaki Messi menjadi alasan.

Messi bahkan mendapatkan prestasi lebih luar biasa dari pendahulunya. Total tujuh gelar juara La Liga, tiga buah Copa del Rey, empat trofi Liga Champions, dan tiga gelar juara Piala Dunia Klub adalah di antaranya.

Barcelona pun menjadi salah satu kekuatan menakutkan di dunia sepakbola berkat andil Messi yang luar biasa. Empat kali predikat Pemain Terbaik Dunia berhasil direbut pemain 28 tahun tersebut. 

Wasiat Ronaldinho pada Messi
Tentu hal tersebut membuat Barcelona tertawa karena suksesnya membentuk ikon klub Katalan itu berjalan dengan mulus. Ronaldinho dan Messi adalah pemilik nomor 10 yang bakal melekat diingatan Los Cules untuk waktu sangat lama.

Messi mulai menggunakan kostum nomor 10 tepat setelah Ronaldinho hengkang pada tahun 2008, atau di musim perdana Pep Guardiola menjadi pelatih Barcelona. Saat itu, usia Messi masih 21 tahun.

Tentu memberikan nomor 10 pada pemain di usia semuda itu tidak mudah, tapi penampilan Messi yang memikat satu musim sebelumnya membuat keputusan lebih sulit.

Apalagi, kalau Ronaldinho sendiri yang meminta Messi untuk menjadi suksesornya menggunakan nomor punggung 10 Barcelona.

"Beberapa bulan sebelum (Ronaldinho) meninggalkan klub ia berpikir tentang beberapa hal. Dia punya itu dalam pikirannya. Dia mengatakan kepada saya untuk memiliki nomornya," ungkap Messi kepada Barca TV.

"Saya melihatnya tanpa melihat apa yang telah dilakukannya bersama kostum itu. Jika saya lakukan (bisa memilih), saya tidak akan mengambil itu," tuturnya.

Sekarang, R10 pun juga lega dengan keputusannya untuk meneruskan tongkat estafet kepada Messi. Karena performa sang penerus sangat luar biasa di atas lapangan. 

Ronaldinho pun tak ragu memuji juniornya tersebut dengan label pemain terbaik di dunia, bahkan sampai tak bisa memberikan komentar dari pada status tersebut.

"Dia (Messi) yang terbaik di dunia. Tidak ada lagi yang bisa saya katakan tentang hal ini," kata Ronaldinho seperti dilansir laman olahraga Spanyol, Marca.

Siapa Setelah Messi?
Sekarang pertanyaannya, siapakah penerus nomor 10 setelah Ronaldinho dan Messi. Hal ini yang patut jadi perhatian berikutnya.

Sekarang, usia Messi sudah menginjak 28 tahun dan sudah hampir memasuki masa-masa Barcelona mulai pikirkan peneruskan. Apalagi, beberapa klub Premier League dikabarkan siap menggelontorkan uang banyak demi memboyong Messi ke Inggris.

Sekarang, sebenarnya Barcelona sudah memiliki beberapa calon penerus yang cocok dalam skuadnya. Jelas nama yang dijagokan para suporter adalah bintang mereka asal Brasil, Neymar.

Saat ini, Neymar sudah mengenakan nomor 11 selama tiga musim selama memperkuat Barcelona. Jadi bukan tidak mungkin berikutnya ia mendapatkan nomor yang sama layaknya ketika memperkuat Timnas Selecao atau ketika masih di Santos.

Apalagi performa Neymar terus menanjak bersama Barcelona. Angka 15 golnya di musim perdana sudah berhasil dilewati saat musim ini baru setengah berjalan. Pemain 23 tahun itu pun masih berpeluang besar pecahkan catatan 39 gol yang dicetaknya musim lalu.

Keberhasilannya memberikan tiga gelar bergengsi musim lalu pun berhasil menempatkannya sebagai tiga finalis calon Pemain Terbaik Dunia. Neymar menjadi salah satu calon yang kalau melihat prestasinya sejauh ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya