Sepuluh Momen Paling Kontroversial Jeremy Clarkson

Jeremy Clarkson
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Sosok Jeremy Clarkson memang sangat kontroversial. Sebelum dipecat sebagai pembawa acara Top Gear karena meninju seorang produser, Clarkson juga kerap tersandung masalah.

Banyak masalah yang dihadapi Clarkson tak lepas dari kebiasaannya yang suka ceplas-ceplos. Bahkan terkadang, candaannya kerap menyinggung banyak kalangan karena kental mengandung SARA.

Dan pemukulan terhadap produser beberapa waktu lalu tampaknya menjadi bab terakhir dari kontroversi demi kontroversi yang dialami Clarkson selama menjadi pembawa acara Top Gear di televisi BBC 2.

Nah, tentu tak salah untuk kembali menyimak kontroversi demi kontroversi yang dilakukannya.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Berikut 10 momen paling kontroversial Clarkson selama 27 tahun di Top Gear seperti dilansir autoevolution:

1. Pada 1998, Clarkson mengejek desainer Hyundai. Clarkson mengatakan desainer Hyundai mungkin telah memakan seekor anjing spaniel untuk makan siang. Aksi ini langsung mendapat reaksi keras dari Hyundai Inggris.

2. Clarkson memukul Piers Morgan dalam acara Press Award 2014. Morgan berpikir pemukulan ini terkait dengan perselingkuhan wartawan otomotif itu dengan seorang wanita. Usai kejadian itu, Morgan dan Clarkson saling serang di Twitter. "Pukulannya seperti pukulan anjing chihuahua yang tak berotot," tulis Morgan.

3. BMW kini jadi sasaran kontroversi Clarkson. Ia menyebut pekerja BMW sebagai "Nazi". Tak hanya itu, pada Top Gear episode 13 November 2005, Clarkson membuat ejekkan dengan melakukan penghormatan ala Nazi. Ia juga mengatakan penerapan GPS di Polandia mirip dengan invansi Jerman ke Polandia di era Hitler.

4. Pada Top Gear edisi 12 di 2008, Clarkson menyerang para pengemudi truk. "Sebuah kerja keras, ganti gigi, ganti gigi, cek cermin, membunuh pelacur, ganti gigi, ganti gigi, membunuh lagi," kata Clarkson yang langsung menuai kecaman.

5. Ingat dengan Top Gear Spesial Rumania? Saat itu, Clarkson memilih Aston Martin DBS Volante, Ferrari California dan Lamborghini Gallardo LP560-4 Spyder menuju ke negara Eropa Timur itu. Saat itu, Clarkson mendefinisikan Rumania sebagai negara Borat yang dipenuhi orang gipsi dan playboy Rusia.

6. Pada 2007, Clarkson kembali menuai kritik dari Parlemen Malaysia. Clarkson mengatakan bahwa mobil buatan Malaysia, Perodua Kelisa, sebagai mobil paling jelek yang pernah ada di dunia. Clarkson mengatakan bahwa nama mobil itu mirip dengan nama suatu penyakit dan menambahkan bahwa mobil tersebut pasti dibuat di tengah hutan belantara di mana para pekerjanya memakai sepatu yang terbuat dari daun.

7. Oktober 2009, Clarkson kembali membuat kekacauan dengan menunjuk seorang produser dan mengatakannya sebagai seorang lesbian muslim berkulit hitam.

8. Clarkson menyerang perdana menteri Inggris saat itu, Gordon Brown, yang disebutnya sebagai orang skotlandia idiot bermata satu dalam sebuah konferensi pers di Land Down Under.

9. Setahun yang lalu, pihak Top Gear kembali harus dibuat kelimpungan dengan ulah pembawa acara gaek ini. Mereka harus meminta maaf karena Clarkson berguman dengan nada nina bobo “eeny, meeny, miny, moe" namun dengan kata-kata rasis.

10. Saat syuting acara khusus Natal 2014 di Argentina, Clarkson membuat warga lokal marah. Ia mengendarai mobil Porsche 928 dengan pelat nomor H982 FKL yang mengingatkan akan perang Inggris kontra Argentina di Pulau Malvinas (Falkland) pada 1982. Saat itu Inggris menang dan Argentina kalah.

![vivamore="
Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun
Baca Juga :"]
Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya