Tips Belajar Menyelam untuk Kaum Wanita

ilustrasi menyelam.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA – Menyelam atau diving, saat ini bukan hanya menarik perhatian kaum pria saja. Perlahan, wanita mulai terjun ke dunia olahraga ekstrem ini. Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang takut mencobanya.

Bagikan Edukasi Seputar Diving, Pengacara Cantik Asal Filipina Ini Ketagihan Jadi Konten Kreator

Istri Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Tri Tito Karnavian, MSi mengaku, sempat takut untuk mencoba kegiatan ini. Hal itu lantaran, ia tidak bisa berenang sama sekali.

Terkait dengan apa yang perlu diperhatikan bagi penyelam wanita pemula, dia menjelaskan bahwa kunci utamanya adalah di peralatan.

Heboh Ria Ricis Berenang dengan Ikan Hiu Paus, Sederet Artis Ramai Berkomentar

“Enggak apa-apa enggak bisa berenang, karena semua peralatan yang ada di kita bisa mengapung. Kita bisa menyelam, karena diberi beban yang berat,” ujarnya di Jakarta Pusat, Sabtu 6 April 2019.

Selain itu, dia juga meminta untuk berlatih terlebih dahulu di kolam renang, sebelum langsung terjun ke laut. Ini penting, untuk mengenalkan peralatan selam yang akan digunakan.

Cerita Kirana Larasati Ketemu Buaya saat Diving Bikin Ngeri: Jantung Dag Dig Dug

“Belajar dulu di kolam renang, kan tidak langsung ke laut. Jadi, nanti dia sudah percaya alat yang dia pakai aman, alat yang dipakai tidak mencelakakan. Itu yang perlu ditanamkan,” tuturnya.

Tri juga menjelaskan, penting untuk selalu mengikuti aturan menyelam yang berlaku. Hal ini demi keselamatan diri sendiri.

“Disiplin, semua aturan harus kita penuhi. Jangan sampai kita teledor, misalnya udaranya enggak cukup, kemudian menyelam dalam melebihi aturan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya