Besok dan Lusa Puasa Tasua dan Asyura, Begini Niatnya

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Umat Muslim setiap tanggal 9 dan 10 Muharram biasa melakukan puasa Tasua dan Asyura. Tanggal 9 dan 10 Muharram bertepatan dengan tanggal 9 dan 10 September 2019.

Ustaz Adi Hidayat: Puasa Asyura Kuburkan Dosa Setahun

Ustaz Khalid Basalamah bilang bahwa salah satu puasa sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah puasa Tasua dan Asyura.

"Tasua dari kata tis'ah berarti tanggal 9 Muharram dan Asyura dari kata asyarah yang berarti 10 Muharram," kata dia dalam akunnya di Instagram.

Ini Tanggal Puasa Tasua dan Asyura 2022, Beserta Niatnya

Adapun keutamaan puasa Asyura adalah bisa membersihkan dosa-dosa setahun yang lalu. Sementara puasa tanggal 9 Muharram adalah untuk membedakan dengan puasa yang dijalankan oleh kaum Yahudi.

"Sementara tanggal sembilannya, beliau bersabda, kalau seandainya aku masih hidup tahun depan, aku akan mengikutkan tanggal 9 dan 10 (Muharram). Hikmah 9 diikutkan dengan 10 agar tidak sama dengan kaum Yahudi yang juga mereka masih berpuasa pada hari Asyura sampai hari ini," tuturnya.

Keutamaan dan Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Nah jika kamu besok akan berpuasa Asyura, berikut ini niatnya seperti dikutip dari nu.or.id.

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatil asyura lillahi ta'alla. Artinya, aku berniat puasa sunah Asyura hari ini karena Allah SWT.

Sementara niat puasa Tasua, yakni nawaitu sahuma ghadin 'an ada'i sunnatit tasu'a lillahi ta'ala. Artinya, aku berbiat puasa sunah tasu'a hari ini karena Allah SWT. Nah, selamat berpuasa ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya