8 Rekomendasi Aktivitas Seru Libur Akhir Tahun di Indonesia

Gunung Rinjani
Sumber :
  • /theculturetrip.com

VIVA – Akhir tahun pun tiba, masyarakat sudah merencanakan liburan. Umumnya libur akhir tahun wisatawan akan menyasar destinasi yang memiliki empat musim untuk menikmati salju.Tapi sebenarnya, banyak loh hal menarik yang bisa kita explore di Indonesia.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Bukan hanya pemandangan saja tetapi ada beberapa hal unik yang tidak bisa ditemukan jika mengunjungi negara lain. Mengingat, Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa dan menjadi rumah bagi banyak keajaiban alam dan komunitas yang berbeda. 

Berikut ini 8 pengalaman unik yang hanya bisa ditemui di Indonesia yang dilansir dari laman The Culture Trip. 

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

1. Berenang di Danau Ubur-ubur 

Di Danau Kakaban, Kalimantan Timur, wisatawan bisa berenang dengan jutaan ubur-ubur dari empat spesies yang berbeda dan tidak ada yang akan menyengat Anda selama berenang bersama mereka. Danau Kakaban terbentuk dengan cara yang aneh, dan air asin dipeluk oleh pulau (sebenarnya, 'kakaban' berarti 'pelukan' dalam dialek lokal). 

Suku Baduy Ingin Lokasi Adatnya Hilang dari Peta Wisata Indonesia

Kondisi tersebut menyebabkan spesies ini berkembang dengan cara tertentu, sehingga tidak menyengat. Tidak hanya itu, yang unik dari tempat ini adalah beberapa ubur-ubur berenang terbalik, atau tidak memiliki tentakel. Selanjutnya, satu sisi pulau ditutupi mangrove lebat dan bunga karang berwarna-warni yang tumbuh subur di bawah akarnya.

2. Melakukan perjalanan ke gunung berapi

Indonesia terletak di 'Pacific rim of fire" salah satu daerah vulkanik paling aktif di planet ini, dan gunung berapi di Indonesia termasuk yang paling aktif di daerah ini. Dari segi kuantitas, Indonesia sendiri memiliki sekitar 13 persen gunung berapi di dunia! Bagi pecinta petualangan alam, ini berarti banyak kesempatan untuk ber safari ke gunung berapi di seluruh nusantara. 

Beberapa yang paling populer untuk didaki adalah Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Ijen di Jawa Timur, Gunung Batur di Bali, dan Gunung Bromo di Jawa Timur. Gunung berapi yang aktif menarik untuk didaki karena pemandangan kawahnya yang menakjubkan seperti di Gunung Ijen, dimana nyala api menyala bisa diamati di malam hari.

3. Orangutan

Primata mirip manusia hanya bisa ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera. Wisatawan dapat belajar dan bertatap muka dengan primata yang menggemaskan namun terancam punah di Taman Nasional Tanjung Puting, di mana mereka dilindungi di lingkungan alam mereka.

Orang utan di Tanjung Puting

Taman ini juga memiliki banyak spesies primata lainnya, yang banyak di antaranya tidak dapat dilihat di tempat lain.

4. Melihat ritual pemakaman di Tana Toraja

Ritual kematian masyarakat Tana Toraja benar-benar mempesona. Selama setiap pemakaman, sebuah pesta hangat diadakan, dengan setidaknya menyembelih delapan ekor kerbau dan 50 babi, yang dijadikan sebagai persembahan sebelum mayat dibawa ke gua yang menjulang tinggi untuk disimpan. 

Sekali setahun, keluarga akan membawa mayat orang-orang terkasih mereka, memandikan dan merawat mereka, dan membawa mereka berkeliling kota seolah-olah mereka masih hidup. 

Beberapa wisatawan yang beruntung bahkan telah menyaksikan mayat yang berjalan sendiri, pemandangan yang mengesankan, terutama dengan latar belakang pemakaman yang menjulang tinggi dan pemandangan gunung.

5. Temukan bunga terbesar di dunia

Indonesia adalah rumah bagi beberapa spesies langka dan indah, termasuk Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia. Bunga ini diketahui hanya bisa ditemukan di dua habitat yakni, pulau Kalimantan dan Sumatera. Meskipun memiliki kemampuan untuk tumbuh lebih dari 10 kilogram, Rafflesia arnoldii adalah tanaman parasit yang mendapat nutrisi dari tanaman inang. 

Ketika Rafflesia arnoldii mekar, ia mengeluarkan bau seperti daging busuk yang kuat, dan menarik serangga yang menyerbuki tanaman tersebut dan memberinya julukan 'bunga mayat'. Meski begitu, penjelajah dan ilmuwan sama-sama telah melakukan perjalanan melewati hutan hujan Indonesia untuk menemukan spesies yang sulit dipahami ini mekar.

6. Nikmati gulat di lumpur

Sawah hijau subur di Bali telah lama menjadi objek wisata, namun aktivitas yang kurang dikenal adalah gulat lumpur di lahan kosong. Cobalah Mepantigan, bentuk unik seni bela diri yang dipraktikkan di lumpur. 

Gulat di Lumpur ini diketahui bisa meningkatkan kebugaran fisik, melepaskan stres, mengembangkan karakter, dan sangat menyenangkan!

7. Menyelam di segitiga terumbu karang

Indonesia bagian Timur diketahui sebagai pusat dari Coral Triangel, salah satu pusat keanekaragaman hayati laut terbesar di planet ini. Dijuluki sebagai "Amazon dari lautan", wilayah yang luas ini,  menampung lebih dari 75 persen spesies karang dunia dan lebih dari 2.000 spesies ikan. 

Bagi petualang laut, ini adalah tempat yang menakjubkan untuk menikmati ekosistem laut yang beragam, dan ada banyak cara untuk menikmati kehidupan laut ini mulai dari menyelam, snorkeling, berenang, atau bersantai di resor pantai. Raja Ampat di Papua khususnya adalah salah satu tempat terkaya di Coral Triangle.

8. Bergabunglah dengan lokakarya tradisional

Orang Indonesia sangat ingin berbagi ketrampilan dan pengetahuan mereka dengan turis. Di banyak kota, wisatawan bisa menemukan tempat pengajaran bagaimana membuat produk tradisional, seperti batik, perhiasan perak, makanan tradisional, keramik, dan lainnya. 

Ubud di Bali adalah tempat yang populer untuk belajar seni tradisional, dan kelas satu hari merupakan cara yang bagus bagi wisatawan untuk mencoba berbagai aktivitas.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya