Hari Perempuan Internasional, Ini 5 Perempuan Paling Berpengaruh Dunia

Ruth Bader Ginsburg
Sumber :
  • Image credit: Supreme Court of the United States/Steve Petteway

VIVA – Hari Perempuan Internasional atau disebut juga dengan International Women's Day memang selalu dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret sebagai hari peringatannya. Peringatan ini menjadi momen penting bagi perempuan sebagai sebuah prestasi perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, serta politik. Ada banyak perempuan berpengaruh sepanjang sejarah yang telah membuat dampak besar pada masyarakat melalui aktivisme, seni, politik dan kepemimpinan. Hal itu sebagai kesempatan yang sempurna untuk menemukan lebih banyak tentang revolusioner perempuan, politisi dan juru kampanye yang terlalu penting untuk dilupakan.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Lantas, siapa saja itu? Melansir dari Live Science, berikut ini sejumlah perempuan paling berpengaruh dalam sejarah dunia

1. Ruth Bader Ginsburg (1933-2020)

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Ruth Bader Ginsburg

Photo :
  • Image credit: Supreme Court of the United States/Steve Petteway

Ruth merupakan perempuan yang berkarier sebagai pengacara, hakim dan hakim agung Mahkamah Agung. Dirinya dikenal menjadi salah satu pendukung utama kesetaraan gender. Komitmen Ginsburg terhadap prinsip keadilan yang setara di bawah hukum mengubah lanskap hukum di AS, khususnya bagi perempuan. Ruth Bader Ginsburg meninggal dunia pada September 2020.

Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

Pada tahun 1993, Presiden Bill Clinton menominasikannya ke Mahkamah Agung, di mana dia bekerja selama 27 tahun melalui kanker dan penyakit lainnya. Sejarah perbedaan pendapatnya di pengadilan membangunnya sebagai ikon dan membuatnya mendapatkan julukan "RBG Notorious”. Sepanjang kariernya, Ginsburg mempromosikan hal-hal seperti kesetaraan keuangan bagi wanita, kesetaraan dalam pendidikan, hak LGBTQ+, hak-hak sipil untuk imigran dan orang-orang yang tidak berdokumen, dan hak-hak penyandang disabilitas. 

2. Harriet Tubman(1822-1913)

arriet Tubman

Photo :
  • Image credit: Benjamin F. Powelson, Auburn, NY

Harriet Tubman dilahirkan dalam perbudakan hingga akhirnya ia menemukan kebebasannya dengan bepergian sendiri melalui kereta api bawah tanah. Pada tahun-tahun berikutnya, Tubman terus membebaskan sekitar 300 orang yang diperbudak. Tubman memulai pekerjaannya di kereta api bawah tanah dengan mengambil anggota keluarganya sendiri, termasuk orang tuanya, beberapa saudara dan berbagai keponakan. 

Ketika Perang Sipil dimulai, ia mendukung Union yang bekerja sebagai mata-mata dan perawat sebelum memimpin Serangan Ferry Combahee yang berani membebaskan lebih dari 700 orang yang diperbudak. Setelah itu dirinya menjadi seorang penyuara dalam gerakan abolisionis dan juga berjuang untuk hak suara bagi perempuan, membantu membentuk jalan dari perbudakan dan diskriminasi menuju keadilan di Amerika Serikat.

3. Emmelie Pankhurst (1858-1928)

Emmeline Pankhurst

Photo :
  • Image credit: Library of Congress

Emmeline Pankhurst merupakan pemimpin Liga Waralaba Wanita yang berkemauan keras dalam Serikat Sosial dan Politik Wanita (WSPU), dirinya memperjuangkan hak perempuan untuk memilih di Inggris dengan cara apa pun. Moto WSPU adalah "Perbuatan, bukan kata-kata," dan kelompok itu menggunakan vandalisme, protes kekerasan dan pembakaran sebagai sarana untuk membawa perubahan sosial.

Pankhurst percaya bahwa perlu untuk melampaui pembangkangan sipil untuk mendukung perjuangannya. Namun tekadnya tersebut membuatnya dirinya ditangkap. Pankhurst berpendapat bahwa jika perempuan tidak diberi kekuatan politik, hukum negara tidak akan memiliki standar moral yang sama. Pada tahun kematiannya, wanita Inggris akhirnya diberikan hak untuk memilih sejak usia 21 yang dimana sama dengan persyaratan suara untuk pria.

4. Empress Dowager Cixi (1835-1908)

Empress Dowager Cixi

Photo :
  • Image credit: Public Domain

Empress Dowager Cixi adalah putri seorang pejabat berpangkat rendah tetapi menerima pendidikan yang baik dan mungkin bisa membaca serta menulis. Pada tahun 1851, ia menjadi salah satu selir Kaisar Xianfeng dan dengan cepat melampaui sesama selir demi kepentingan kaisar. Ketika kaisar meninggal, putra Cixi siap menjadi kaisar baru. Mantan selir itu membentuk aliansi dengan beberapa bupatinya dan membuat yang lain terbunuh dalam kudeta tahun 1861, meninggalkannya dalam kendali kekaisaran. Dia tetap menjadi kepala Kekaisaran Tiongkok yang kuat tetapi tidak resmi sampai kematiannya pada tahun 1908.

Dia dianggap sebagai permaisuri terakhir dan paling terkenal di Tiongkok karena membentuk pemberontakan, kebijakan dan istana Kekaisaran Tiongkok selama lebih dari 50 tahun.

5. Rosa Parks (1913-2005)

Rosa Parks

Photo :
  • Rosa Parks photographed with Dr. Martin Luther King Jr. (ca. 1955). (Image credit: USIA)

Selama tahun 1950-an, masyarakat AS sebagian besar dipisahkan antara ras kulit hitam dan ras kulit putih, termasuk di transportasi umum. Pada 1 Desember 1955, Rosa Parks yang seorang penjahit menolak untuk menyerahkan kursinya kepada seorang penumpang kulit putih di sebuah bus di Montgomery, Alabama, di mana dia ditangkap. 

Rosa parks memobilisasi NAACP (Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna) untuk memboikot bus dan menarik perhatian nasional pada undang-undang segregasi yang tidak manusiawi di negara bagian Selatan. Setelah berhasil menantang hukum dan melihat segregasi diputuskan tidak konstitusional oleh pengadilan, Parks melanjutkan suara keberaniannya dalam gerakan hak-hak sipil. 

Itulah kumpulan perempuan paling berpengaruh di dunia yang bisa menadi inspirasi bagi para perempuan di luar sana dan di zaman sekarang ini. Sebenarnya masih ada lagi sejumlah perempuan paling berpengaruh lainnya. JIka kalian tertarik dengan pembahasan ini ada kemungkinan bisa membahas perempuan paling berpengaruh lainnya di lain artikel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya