Makan Apel Secara Rutin: Rahasia Sehat Usus dan Jauh dari Penyakit Kronis

Buah apel merah.
Sumber :
  • Pixabay

NEW YORK  – Buah apel menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang. Tak hanya segar dimakan, buah renyah dengan rasa sedikit rasa asam dan manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Spesialis gastroenterologi mengatakan bahwa makan apel memiliki dampak yang sangat positif bagi kesehatan secara keseluruhan dan  mencegah penyakit kronis.

Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Melansir laman New York Post, Kamis 29 Februari 2024 menurutnya, apel merupakan sumber serat yang baik, dengan satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. Apel juga mengandung fitokimia dalam jumlah yang luar biasa, yaitu senyawa nabati yang  membantu mencegah penyakit kronis.

 "Fitokimia memiliki khasiat penyembuhan dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit dan kanker tertentu," tulis Brusiewicz.

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Buah apel.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

Apel juga merupakan sumber probiotik yang baik, tanaman ini sama halnya dengan manusia, yang memiliki mikrobioma. Mikrobioma membantu apel tumbuh dari bunga kecil hingga buah yang sudah berkembang sempurna.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Satu buah apel mengandung sekitar 100 juta bakteri, dan para ilmuwan percaya bahwa mikroba dalam makanan kita berinteraksi di usus dengan baik.

Meskipun setiap varian apel memiliki kualitas uniknya masing-masing,  serat, fitokimia, dan mikroorganisme, semuanya berkontribusi terhadap kesehatan manusia secara keseluruhan.

Namun, makan apel saja tidak akan menyembuhkan segalanya. Lauren Manaker, RDN, ahli gizi yang berbasis di Charleston,  mengatakan  pola makan seimbang dan gaya hidup sehat adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

“Kebanyakan orang Amerika tidak mengonsumsi porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari, jadi memasukkan apel ke dalam makanan kamu dapat membantu mencapai tujuan ini,” katanya.

American Heart Association merekomendasikan empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Menurut ahli diet terdaftar Courtney Coe menegaskan bahwa mengonsumsi sebuah apel sehari tidak akan merugikan kamu, namun tanpa pola makan yang bergizi, hal tersebut mungkin tidak memberikan manfaat sebanyak yang diperkirakan.

“Mengonsumsi sebuah apel sehari tidak akan merugikan kamu, namun tanpa pola makan yang bergizi, hal tersebut mungkin tidak memberikan manfaat sebanyak yang diperkirakan,” kata Coe.

Coe mengingatkan penting untuk memasukkan protein, lemak anti-inflamasi, karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan sayuran ke dalam makanan kamu setiap hari karena profil nutrisi untuk setiap kelompok makanan berbeda, dan bekerja paling baik jika digabungkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya