Warga Gaza Dilanda Kelaparan, Incar Kaktus Jadi Makanan

Warga Gaza terpaksa konsumsi kaktus usai krisis pangan melanda
Sumber :
  • Tanggapan layar video YouTube Reuters

VIVA LifestyleWarga Gaza kini terpaksa harus makan kaktus, akibat langkanya persediaan dan krisis pangan di tengah blokade oleh Israel. Di Gaza utara, satu dari enam anak di bawah usia 2 tahun alami kekurangan gizi, kata Ramesh Rajasingham, direktur koordinasi Badan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dalam catatannya, sepertiga populasi Gaza juga terancam kelaparan. Rajasingham mengaku PBB dan badan kemanusiaan lainnya mengalami kendala luar biasa dalam menyalurkan bantuan ke Gaza, itu pun dalam jumlah sedikit.

Kendala itu meliputi penutupan perbatasan, pembatasan mobilitas dan komunikasi, prosedur pemeriksaan yang rumit, ketegangan, jalan rusak, hingga bom aktif yang belum meledak.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Ia pun memperingatkan Dewan Keamanan PBB untuk segera bertindak demi mencegah kelaparan massal, seperti dilansir laman Leadstory. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Teroris Israel menjadikan kelaparan sebagai ‘alat perang’ untuk mengusir warga Gaza dari tanah mereka. Namun, hal tersebut tak membuat kesabaran warga Gaza menciut.

Gaza menghadapi krisis pangan setelah teroris Israel memboikot akses bantuan kemanusian. Hal itu memaksa para Murabith harus putar otak mencari bahan pangan pengganti demi bisa bertahan hidup.

Seperti Marwan al-Awadeya dan keluarganya asal Gaza Utara yang terpaksa memakan kaktus jenis pir berduri untuk mengusir rasa lapar, di tengah ancaman krisis pangan.

Tanaman yang tumbuh subur di wilayah Mediterania ini biasa dikonsumsi oleh hewan-hewan liar, namun demi bisa bertahan hidup selama invasi Marwan dan keluarganya harus memakan kaktus mentah.

Tak hanya batang kaktus saja yang dikonsumsi, Marwan dan beberapa warga lainnya juga turut menghaluskan bagian daun kaktus yang berduri agar bisa di konsumsi anak dan sanak keluarganya.

Warga Palestina mengungsi di Rafah akibat pemboman Israel di Jalur Gaza

Photo :
  • AP Photo/Hatem Ali

Cara ini dilakukan usai warga Gaza Utara tak mampu membeli tepung yang kini menjadi benda paling langka di Gaza.

Saking langkanya tepung kini dibanderol dengan harga yang tak masuk akal, dimana harga satu kantong tepung dijual jadi 200 dolar AS atau sekitar Rp 3,12 juta, dikutip dari Reuters.

“Kami mengkonsumsi kaktus mentah, saya bahkan kehilangan berat badan sekitar 30 kilogram di bulan ini karena tidak ada makanan. Kaktus adalah makanan terakhir kami. Setelah semuanya hilang tidak ada yang tersisa,” kata Marwan yang duduk di kursi roda, sambil mengiris potongan kaktus untuk dua anaknya.

Kondisi yang memprihatinkan juga terjadi di Gaza Selatan, untuk mencegah meluasnya krisis pangan yang terjadi disana para warga mulai putar otak mengubah pakan biji burung sebagai tepung untuk membuat roti.

Warga Palestina berjalan di tengah hujan di kamp pengungsian di Rafah, Gaza.

Photo :
  • The Times of Israel.

Setelah pakan burung ditumbuk halus, orang-orang biasanya akan langsung memanggang roti di atas api yang terbuat dari kayu yang diambil dari reruntuhan bangunan.

Bahkan untuk menghambat pasokan pangan di tengah krisis, setiap keluarga akan membatasi jumlah konsumsi pangan harian, yakni satu orang hanya boleh makan paling banyak sekali sehari.

Sementara itu di bagian wilayah lainnya, para pengungsi harus mengkonsumsi rumput liar mallow atau tanaman liar yang hidup tumbuh subur di tanah Gaza.

Salah seorang pengungsi Gaza, Um Youssef Awadiyeh menuturkan bahwa keluarganya harus mengkonsumsi Mallow dengan cara direbus dengan air tanpa nasi. Kondisi tersebut digambarkan Badan pemantau hak asasi manusia euro-med menggambar situasi itu sebagai “perang kelaparan”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya