Dalami Peran, Christian Sugiono Belajar Saham

Film Sang Pialang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Di luar profesinya sebagai aktor, Christian Sugiono rupanya juga punya insting di bidang bisnis dan keuangan.

Pada 2008, ia pernah mencoba peruntungan terjun di instrumen reksa dana melalui sebuah bank asing. Tahun pertama, ia untung cukup besar.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Sayangnya, karena kondisi ekonomi yang tak menentu dan nilai sahamnya makin turun, ia memutuskan menarik semua investasinya pada tahun kedua. Tian, sapaan akrabnya, bahkan mengalami sedikit trauma dan tak lagi mencoba-coba bermain saham.

Sampai 2011 lalu, ia ditawari bermain dalam sebuah film soal bursa saham, Sang Pialang. Ia pun langsung setuju karena menyukai karakter Kevin yang dinamis sebagai broker.

"Tantangan terbesarnya, Kevin seorang broker, saya bukan," komentar Tian saat ditemui usai jumpa pers film barunya di Epicentrum, Jakarta.

Meski pernah merasakan dunia itu, Tian tak banyak tahu soal menjadi broker. Yang ia pahami hanya secara awam.

Untuk itu, ia memerlukan banyak observasi dan belajar lagi. Agar maksimal melakoni perannya di film itu, Tian bahkan rela mengunjungi beberapa perusahaan sekuritas untuk memahami bagaimana menjadi seorang broker.

Ia belajar bagaimana perasaannya ketika saham terus turun ataupun senang ketika sahamnya naik. Itu sangat membantunya untuk lebih menghayati peran dalam film yang secara cerita belum pernah ada di Indonesia itu.

Meski sudah cukup paham soal pasar modal, bukan berarti suami Titi Kamal itu lantas tertarik beralih profesi menjadi broker. Untuk menginvestasikan modal mungkin bisa dipikirkan, namun ia benar-benar tak tertarik menjadi seorang pialang. "Saya nggak bisa jualan. Bukan tipe orang yang seperti itu," ujarnya.

Tian lebih tertarik menginvestasikan uangnya pada produk-produk riil seperti properti. Saat ini, ia sudah memiliki investasi properti di Jakarta, Bali, dan Bandung.

Bintang film Jomblo itu sudah memulainya sejak 2010, menuruni bakat dari ayahnya yang juga "pemain" di bidang itu. Kelamaan, ia mulai bisa mengerti seperti apa mengelola investasinya.

"Properti itu paling menguntungkan, harganya naik berkali-kali dan nggak pernah turun. Apartemen, rumah, tanah, vila, mainnya cash," bebernya sambil tersenyum. (art)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024